Berita Daerah Terkini

Pastikan Pelayanan Berjalan Baik dan Lancar, Menteri ATR/BPN Beri Pengarahan ke Kakantah Kaltimtara

Pastikan pelayanan berjalan baik dan lancar, Menteri ATR/BPN beri pengarahan kepada Kepala Kantor Pertanahan atau Kakantah se-Kaltim dan Kaltara.

TRIBUNKALTARA.COM / NIKEN DWI SITONINGRUM
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengunjungi Kantor ATR/BPN Kota Balikpapan. 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN - Seusai meninjau langsung lokasi pembangunan IKN, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan ke Kantor ATR/BPN Kota Balikpapan, Rabu (14/9/2022).

Turut hadir juga di Kantor ATR/BPN Kota Balikpapan, seluruh Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

“Saya baru saja memberikan pengarahan kepada Kakanwil dan Kakantah se-Kaltim dan Kalimantan Utara,” ujarnya kepada awak media.

Adapun, pengarahan-pengarahan yang disampaikan kepada para Kakantah ini masih berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Telkomsel Dukung Perayaan Hari Olahraga Nasional ke-39 Tahun 2022 di Balikpapan

Menurut pantauan Tribunkaltim.co, Hadi sempat berinteraksi dengan masyarakat yang sedang melakukan pengurusan terkait persoalan tanah di kantor tersebut dan tidak menemukan adanya permasalahan terkait pelayanan.

“Supaya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena saya tadi sudah mengecek ternyata masyarakat merasa senang karena ada perubahan untuk menyelesaikan sertifikat yang tidak berbelit-belit,” tegasnya.

Hal ini supaya terus dikembangkan, lanjutnya, utamanya pelayanan untuk pelataran pada hari Sabtu dan Minggu.

“Agar memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan agraria/pertanahan mereka yang tidak sempat mengurus pada hari Senin-Jumat,” sebutnya.

Selain itu, ia menekankan kepada para Kakantah untuk memaksimalkan pelayanan yang berkaitan dengan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap).

“Syukur Alhamdulillah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara ini menjadi yang terbaik setelah Jakarta. Karena sesuai dengan roadmap, akhir tahun 2024 untuk PTSL sudah terdaftar 100 persen,” pungkasnya.

Masih berkaitan dengan pelayanan, transformasi digital juga dinilai penting dalam mewujudkan Kantor Pertanahan yang modern. Mengingat, IKN juga akan hadir sebagai kota modern di wilayah Kaltim.

Baca juga: Demi Lunasi Utang, Wanita di Balikpapan Nekat Gelapkan Uang Perusahaan Senilai Ratusan Juta Rupiah

“Karena (adanya) IKN, maka permasalahan tanah akan lebih kompleks. Untuk menjadi kota yg modern, kantor pertanahan juga harus mengimbangi,” tuturnya.

Pada pelaksanaannya, staf Kantor Pertanahan diharapkan dapat memantau dan membantu permasalahan terkait tata ruang dan pengadaan tanah di lokasi pembangunan IKN.

“Terus dipantau dan diselesaikan dengan baik, walaupun sampai saat ini tidak ada permasalahan terkait tata ruang maupun pengadaan tanah,” tutupnya.

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved