Berita Tarakan Terkini

Pelabuhan Feri Juata Laut Resmi Jadi Aset Pemkot Tarakan, Bakal Ada Ruang Tunggu hingga Tempat Makan

Walikota Tarakan berharap penataan jlan Aki Balak dan Jalan Aji Iskandar sampai ke Pelabuhan Feri Tarakan, pelayaran menjadi lebih baik.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Pelabuhan Feri di Kelurahan Juata Laut Kota Tarakan akan dilakukan penataan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Pasca diserahkan ke Pemkot Tarakan, Pelabuhan Feri Tarakan yang berlokasi di Kelurahan Juata Laut Kota Tarakan, Kalimantan Uta akan dilakukan penataan.

Ini disampaikan Walikota Tarakan, dr Khairul, M.Kes. Penataan dimaksud di antaranya mulai dari jalan masuk sampai pada fasilitas yang ada di area Pelabuhan Feri Tarakan.

“Jadi pelabuhan feri. Tapi tentu akan kita tata supaya lebih nyaman. Jalannya dibuat lebih bagus. Apalagi di depannya sudah menjadi jalan nasional. Untuk Jalan masuknya kan kemarin masih agak rusak. Jadi jalan masuk itu jadi tanggung jawabnya pemda,” beber Khairul.

Baca juga: Buaya Sepanjang 3 Meter Berjemur di Kawasan Pelabuhan Feri Nunukan, Penumpang Diimbau Berhati-hati

Dengan adanya penataan termasuk jalan Aki Balak dan Jalan Aji Iskandar sampai ke Pelabuhan Feri Tarakan, diharapkan pelayaran menjadi lebih baik.

“Itu komitmen bersama dengan pemerintah pusat. Mudah-mudahan nanti pelayaran di sana lebih bagus. Termasuk juga moda trasnportasi antarmoda bisa disiapkan lebih baik,” bebernya.

Baca juga: Sudah Siapkan Lahan 3 Hektar, Dishub Kaltara Usulkan Pelabuhan Feri KTT Pindah Ke Bebatu

Nantinya lanjut Khairul, pihaknya akan mengarahkan Pelabuhan Feri Tarakan itu menjadi sentra bisnis selain untuk naik turun penumpang. Termasuk lanjutnya, memberikan fasilitas bisnis kepada penumpang lain.

“ Itu kan tidak hanya naik kapal, tapi ruang tunggu ada, tempat makan nanti disiapkan. Ini kan baru diserahkan beberapa hari lalu tentu baru bisa dipikirkan lebih karena baru masuk di kewenangan kita,” ungkap Wali Kota Tarakan.

Walikota Tarakan, dr.Khairul, M.Kes.
Walikota Tarakan, dr.Khairul, M.Kes. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Lantas apakah nanti setelah dipegang Pemkot Tarakan akan berpotensi menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD)? Dikatakan Khairul, pelabuhan tersebut sangat berpotensi.

Baca juga: Dua Bulan Tak Beroperasi, Rabu 2 Januari 2022 Pelabuhan Feri Nunukan Dilakukan Uji Sandar & Beban

“Saya rasa cukup besar kalau kita kelola. Nanti kita cari sesuai koridor regulasi jika tidak memberatkan masyarakat dan banyak cara dipakai meningkatkan PAD minimal sebenarnya membiayai operasional mereka di sana supaya pelabuhan bagus rapi dan nyaman,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved