Berita Malinau Terkini

Info Komoditas di Pasar Malinau, Harga Telur Ayam dan Daging Menanjak, Cabai dan Bawang Turun Tipis

Pantauan TribunKaltara.com di sejumlah pasar wilayah Kecamatan Malinau Kota, harga telur ayam terpantau terus merangkak.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
Suasana di Pasar Induk Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. Harga sejumlah komoditas terpantau naik mulai dari bumbu dapur, telur ayam, daging dan ikan merangkak naik pekan ini. (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Informasi harga komoditas di pasaran wilayah Malinau Kota pekan ini terpantau fluktuatif, Minggu (18/9/2022).

Pantauan TribunKaltara.com di sejumlah pasar wilayah Kecamatan Malinau Kota, harga telur ayam terpantau terus merangkak.

Saat ini rata-rata harga telur ayam bervariasi sesuai ukuran. Untuk satu papan atau sepiring dihargai mulai Rp 65 ribu hingga Rp 70 ribu.

Di sisi lain, pekan ini terjadi penurunan cabai rawit. Sebelumnya dihargai di atas Rp 100 ribu per kilogram turun hingga Rp 80 ribu per kilogram.

Pedagang Sembako dan Sayuran di Malinau Kota, Salmiah mengakui harga cabai termasuk bawang merah, khususnya cabai rawit mulai stabil pekan ini.

"Telur itu naik sampai Rp 68 ribu atau Rp 70 ribu sepiring.

Cabai rawit turun harga karena stoknya banyak, sekarang jadi Rp 80 ribu sekilo atau Rp 8 ribu satu ons," ujarnya saat ditemui di Malinau Kota, Minggu (18/9/2022).

Suasana di Pasar Induk Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. Harga sejumlah komoditas terpantau naik mulai dari bumbu dapur, telur ayam, daging dan ikan merangkak naik pekan ini.
(TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI)
Suasana di Pasar Induk Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. Harga sejumlah komoditas terpantau naik mulai dari bumbu dapur, telur ayam, daging dan ikan merangkak naik pekan ini. (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI) (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI)

Baca juga: Curah Hujan Tinggi & Stok Menyusut, Harga Cabai Rawit di Pasar Malinau Naik hingga Rp 130 Ribu/Kilo

Selama kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM, Salmiah mengaku sejumlah komoditas termasuk bumbu dapur mengalami kenaikan.

"Bumbu-bumbu itu semua naik. Petsin, bumbu-bumbu sachet itu naik. Bawang sama lombok itu sedikit turun. Selama naik BBM memang harga juga ikut naik," katanya.

Selain bumbu dapur, sejumlah komoditas lain diantaranya minyak goreng, hingga harga daging sapi juga naik ke harga Rp 160 ribu sekilo.

"Daging ini karena dari luar Malinau, harganya sekarang paling murah Rp 160 ribu. Termasuk ikan-ikan juga naik," ujar Andi, Penjual di Pasar Induk Malinau.

Saat ini, Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UMKM turut memantau ketersediaan bahan pangan di pasar sekitar wilayah ibu kota.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved