Berita Nasional Terkini

Berbincang dengan Presiden AS Joe Biden di KTT G20 Bali, Jokowi Menggunakan Bahasa Indonesia

Bertemu dengan Presiden AS ( Amerika Serikat ) Joe Biden di KTT G20 Bali, Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat datang berbahasa Indonesia.

Editor: Sumarsono
Instagramjokowi
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Amerika Serika Joe Biden. Dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi berbincang menggunakan bahasa Indonesia. 

TRIBUNKALTARA.COM, BALI – Bertemu dengan Presiden AS ( Amerika Serikat ) Joe Biden di acara KTT G20 Bali, Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat datang menggunakan bahasa Indonesia.

"Selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia saya sangat menghargai keberadaan presiden Biden di KTT G20 di Bali," ujar Jokowi, Senin(14/11/2022).

Selama pertemuan yang berlangsung hangat tersebut Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) berbicara dengan Biden menggunakan bahasa Indonesia.

Terdengar ada sayup-sayup suara interpreter alias penerjemah yang menerjemahkan ke bahasa Inggris versi Amerika Serikat.

Begitu juga sebaliknya ada penerjemah yang berbicara bahasa Indonesia agar dapat dimengerti Jokowi.

Penerjemah tersebut duduk tepat di belakang Presiden Jokowi.

Jokowi berharap, KTT G20 yang dimulai pada Selasa (15/11/2022) besok dapat berdampak pada pemulihan ekonomi dunia.

Baca juga: Sosialisasi 4 Pilar di Bali, Senator DPD Asal Kaltara Fernando Sinaga Ajak Warga Sukseskan KTT G20

"Saya berharap, KTT G20 dapat menghadirkan kerja sama yang konkret yang dapat memandu dunia dalam pemulihan ekonomi global," ujar Jokowi.

Jokowi didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju saat bertemu Joe Biden, antara lain, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam pertemuan tersebut, dua pemimpin negara ini fokus membahas mengenai upaya untuk memperkuat kemitraan itu.

"Dan kedua pemimpin mendiskusikan cara untuk memperkuatnya," kata pernyataan resmi Gedung Putih AS yang diterima Tribun.

Perbincangan hangat tersebut juga diselingi apresiasi AS terhadap Indonesia yang telah sukses menyelenggarakan G20 hingga mencapai puncaknya pada 2 hari ke depan.

"Presiden Joe Biden mengucapkan selamat kepada Indonesia atas susksesnya penyelenggaraan G20 serta Presidensi G20," kata pernyataan resmi Gedung Putih.

Baca juga: Presiden Jokowi Undang Jepang Investasi Baterai, Bicara Kendaraan Listrik di KTT ASEAN-Jepang

Di hadapan Jokowi, Joe Biden pun menegaskan bahwa AS mendukung penuh posisi Indonesia di Indo-Pasifik.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved