Berita Bulungan Terkini

Kepala Dinas Kesehatan Bulungan Imam Sujono Imbau Masyarakat tidak Kucilkan Pengidap HIV/AIDS

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan, Imam Sujono mengimbau masyarakat tidak mengucilkan para pengidap HIV/AIDS karena memiliki hak untuk hidup.

Penulis: - | Editor: Cornel Dimas Satrio
TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan, Imam Sujono. (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan, Imam Sujono mengimbau masyarakat untuk tidak mengucilkan para pengidap HIV/AIDS.

Berdasarkan data Dinkes Bulungan, terdapat 30 kasus Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Imam Sujono menegaskan, ODHA juga memiliki hak untuk hidup sama seperti masyarakat lainnya, sehingga tidak boleh dikucilkan dalam kehidupan sosial.

"Kepada masyarakat yang mengetahui di lingkungan sekitarnya ada yang mengidap HIV/AIDS, jangan dikucilkan. Mereka membutuhkan dukungan dari kita, kita harus menjaga supaya semua orang berhak mendapatkan kehidupan yang layak dan dukung mereka agar tetap bisa produktif," kata Imam Sujono dalam wawancara eksklusif bersama Tribunkaltara.com, di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (29/11/2022).

Imam Sujono menjelaskan, Dinkes Bulungan telah melakukan upaya pencegahan penularan HIV/AIDS dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat.

"Cara kita melalukan pencegahan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang apa itu HIV/AIDS. Bagaimana penularannya pencegahannya, obatnya seperti apa, hal itu kita sosialisasikan melalui acara sosialisasi, melalui media seperti wawancara dengan berbagai redaksi, instagram,dan lain sebagainya," kata Imam Sujono.

Baca juga: Minta Tiada Diskriminasi ke ODHA, Tegaskan Pemeriksaan dan Obat HIV Gratis tidak Dipungut Biaya

Ia meminta masyarakat untuk membiasakan diri hidup bersih dan sehat, karena hal itu menjadi kunci pertama mencegah segala penyakit.

"Hidup sehat harus mulai dari diri sendiri, kita tidak bisa berharap jika orang lain melindungi kita, yang terpenting pribadi kita," ujarnya.

Selanjutnya, Imam Sujono mengatakan, HIV/AIDS tidak mudah menular, bahkan cara penularannya pun sangat terbatas.

Baca juga: Satu Kasus Dikonfirmasi, Kadinkes Bulungan Imam Sujono Sebut Pasien di Bunyu Bukan Gagal Ginjal Akut

"Penularan HIV/AIDS bermula dari hubungan seksual yang tidak sehat dalam artian tidak aman, bisa juga melalui tranfusi darah," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Imam Sujono juga menyampaikan cara penanganan ODHA di Kabupaten Bulungan.

"Memberikan obat HIV/AIDS sesuai anjuran kemenkes RI untuk dikonsumsi secara rutin, dan menyarankan untuk mengubah pola hidup yang lebih sehat," ucapnya.

(*)

Penulis : Utari Dwiyani

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved