Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Mau Mengurus KTP Elektronik di Malinau? Berikut Syarat dan Berkas yang Wajib Anda Lengkapi

Masyarakat di Kabupaten Malinau dapat mengurus KTP elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Malinau.

TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Suasana Pelayanan pengurusan dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil Kabupaten Malinau, di Kantor Gabungan Dinas, Jalan Pusat Pemerintahan, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (4/3/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Masyarakat di Kabupaten Malinau dapat mengurus KTP elektronik (e-KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Malinau.

Syarat dan tata cara pembuatannya terbilang cukup mudah dan cepat.

Kepala Seksi Identitas Penduduk Disdukcapil Malinau, Matias Kuwing menerangkan cara dan persyaratan mengurus dokumen kependudukan.

Baca juga: BPBD Malinau Awasi Daerah Rawan Banjir, Waspada Cuaca Ekstrem, Intens Sosialisasi ke Masyarakat

Baca juga: Setahun Pandemi, Tahun 2022 Pemkab Malinau Prioritaskan Program Pembangunan Daerah Pasca Covid-19

Baca juga: Selaraskan Prioritas Pemerintah Tahun 2022, Forum Renja Perangkat Daerah Malinau Dilaksanakan 3 Hari

Menurutnya, jika koneksi internet mendukung, butuh waktu 3 hingga 15 menit, e-KTP sudah bisa diterbitkan Disdukcapil Malinau.

"Masyarakat yang mau membuat KTP Baru, cukup melampirkan persyaratan berupa fotokopi KK. Jika koneksi mendukung 15 menit bisa jadi," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Kamis (4/3/2021).

Matias Kuwing mengatakan selain pembuatan e-KTP baru, pihaknya juga melayani pembuatan KTP yang hilang dan perpanjangan atau pembaruan e-KTP.

Persyaratan yang dibutuhkan bagi warga yang akan mengurus KTP hilang adalah membawa fotokopi kartu keluarga (KK) dan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian.

"Bagi yang kehilangan, membawa fotokopi KK dan melampirkan surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian," katanya.

Demikian halnya dengan pembaruan atau perpanjangan e-KTP, masyarakat di Kabupaten Malinau bisa mengurusnya dengan melampirkan fotokopi KK dan KTP lama.

Ditanya mengenai persyaratan surat pengantar dari RT atau Desa, Matias Kuwing mengatakan hal tersebut tidak lagi diperlukan.

Halaman
12
Penulis: Mohamad Supri
Editor: Amiruddin
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved