Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Bandara Juwata Siapkan Dua Meja untuk Screening dan Validasi Data SIKM Penumpang Pesawat

Pemerintah resmi melarang masyarakat mudik lebaran tahun ini, dan keputusan tersebut wajib dilaksanakan di semua daerah.

tribunkaltara.com
Meja tempat petugas melakukan validasi screening persyaratan keberangkatan di Bandar Udara Internasional Juwata Kelas II Tarakan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN -  Pemerintah resmi melarang masyarakat mudik lebaran tahun ini, dan keputusan tersebut wajib dilaksanakan di semua daerah.

Menindaklanjuti SE Nomor 13 Tahun 2021, Bandar Udara Internasional Juwata Kelas II Tarakan menyiapkan pengaturan dan tata cara penumpang pesawat sebelum memasuki pintu keberangkatan.

Kepala Bandara Internasional Juwata Kelas II Tarakan Agus Priyanto menjelaskan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait  menyikapi SE Nomor 13 Tahun 2021.

Untuk teknisnya sendiri, dijabarkan Agus, ada dua meja yang akan disiapkan bagi penumpang.

Baca juga: Larangan Mudik, Kendaraan Plat KU Diperbolehkan Masuk Kaltara, untuk Plat Lain Berikut Ketentuannya

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran Idul Fitri, Kepala Bandara Tanjung Harapan Sebut Belum ada Lonjakan Penumpang

Sebelumnya, ada empat meja dan hanya diperuntukkan untuk validasi data hasil screening persyaratan keberangkatan dan informasi e-HAC.

" Yang sekarang ini kan sebelum adanya aturan peniadaan mudik, ada empat meja yang dikoordinir KKP untuk melakukan validasi data screening," bebernya.

Uji coba GeNose G19 yang dilakukan langsung Kabandara Juwata Tarakan, Agus Priyanto, Senin (19/4). TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Uji coba GeNose G19 yang dilakukan langsung Kabandara Juwata Tarakan, Agus Priyanto, Senin (19/4). TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH (TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH)

Setelah SE Nomor 13 Tahun 2021 keluar, empat meja tersebut nanti dibagi dua.

Dua meja untuk  petugas screening khusus SIKM  dan dua meja lagi disiapkan untuk screning dan validasi data persyaratan keberangkatan.

"Jadi KKP kita siapkan hanya dua dan sisanya dua meja lagi untuk pengecekan SIKM," jelasnya.

Baca juga: 27 Sekolah di Tarakan Siap Pembelajaran Tatap Muka, Disdikbud Mengizinkan, Asal Memenuhi Syarat Ini

Adapun meja petugas pengecekan SIKM yang mengawaki adalah TNI/Polri, Pemkot Tarakn diwakili Satpol PP dan petugas bandara, Satgas Penanganan Covid-19 dan BPBD.

Halaman
12
Penulis: Andi Pausiah
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved