Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Kemenag RI Umumkan Keberangkatan Haji 2021 Dibatalkan, Kanwil Bulungan Harap Jamaah tak Tarik Dana

Kemenag RI umumkan keberangkatan haji 2021 dibatalkan, Kanwil Kemenag Bulungan harap jamaah haji tak tarik dana.

TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Kepala Kanwil Kemenag Bulungan, Hamzah ( TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI ) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Kemenag RI umumkan keberangkatan haji 2021 dibatalkan, Kanwil Kemenag Bulungan harap jamaah haji tak tarik dana.

Kementerian Agama memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji di Tahun 2021 dengan alasan pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Bulungan, Hamzah mengatakan pihaknya mengikuti arahan, dan mengaku bahwa hanya Arab Saudi yang memiliki otoritas terkait penyelenggaran haji.

Baca juga: RESMI, Pemerintah Batalkan Keberangkatan Haji Tahun Ini, Menteri Agama: Keputusan Ini Pahit

Baca juga: Pasien Covid-19 Keluar dari Asrama Haji Batakan, Giliran Calon jamaah Haji yang Masuk

Baca juga: Embarkasi Haji Balikpapan Tak Lagi Digunakan, Isolasi Pasien Covid-19 Dialihkan ke Hotel dan Wisma

"Pak Menteri tadi sampaikan, biarpun kita siap namun bila otoritas Arab Saudi tidak memberikan, kita tidak bisa berbuat banyak," ujar Kepala Kanwil Kemenag Bulungan, Hamzah, Kamis (3/6/2021).

Hamzah mengatakan, sejumlah 86 Calon Haji yang ada di Bulungan, sudah sangat siap untuk berangkat, baik dari sisi dokumen, spiritual maupun kesehatan.

Pihaknya mengaku telah melakukan vaksinasi bagi Calhaj asal Bulungan, adapun yang belum melaksanakan vaksinasi Covid-19 tidak lebih dari 10 orang.

"Kita sudah sangat siap, rata-rata usia Calhaj kita kisaran 50-60 Tahun, dan itu sudah divaksin, hanya beberapa belum kita vaksin. Dari 86 Orang, mungkin tidak lebih dari 10 orang yang belum," ujarnya.

Ditanyakan mengenai kompensansi bagi Calhaj yang kembali tertunda keberangkatannya, Hamzah mengaku menunggu aturan dari Kemenag.

Seperti halnya diperbolehkannya penarikan dana pelunasan, adapun bagi Calhaj yang melakukan penarikan setoran haji seluruhnya, maka dinyatakan batal permanen.

"Kita lihat regulasi dari Menteri Agama, apakah mereka bisa tarik dana setoran lunas atau bagaimana seperti tahun lalu, kalau setoran haji ditarik maka batal permanen," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved