Breaking News:

Lawan Covid19

Tips bagi OTG Covid-19 Isolasi Mandiri, Banyak Minum Air Putih, Makanan Bergizi dan Kumur Air Garam

Bagi pasien gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 diimbau melakukan isolasi mandiri di rumah. Apa yang harus dilakukan saat isoman?

Editor: Sumarsono
skinnyms.com
Ilustrasi - Panduan minum 8 gelas air sehari 

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA – Kasus pasien positif virus Corona (Covid-19) terus meningkat, sehingga fasilitas layanan kesehatan, rumah sakit dan puskesmas) di beberapa daerah kewalahan.

Bagi pasien dengan gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 diimbau untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah atau tempat isolasi yang disediakan pemerintah.

Apa yang harus dilakukan mereka yang terinfeksi Covid-19 namun masuk kategori OTG atau hanya gejala ringan?

Berikut tips bagi OTG Covid-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah dikutip Tribunnews dari Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman:

Dicky menjelaskan, bagi mereka yang masuk kategori risiko rendah ini tidak perlu panik sampai harus mengonsumsi obat-obatan kimia maupun produk makanan dan minuman yang katanya bisa menyembutkan Covid-19.

Baca juga: 11 Hari Isoman, BCL Negatif Covid-19, Masih Ada Gejala Batuk: Aku Masih akan Isolasi Biar Aman 

Melalui akun Twitternya, Dicky Budiman menuturkan, untuk yang isoman, (kategori) tidak bergejala atau gejala ringan, tidak ada faktor risiko tidak perlu panik.

Ia pun menyarankan agar OTG atau bergejala ringan melakukan isoman dengan tetap menerapkan sejumlah hal, berikut ini:

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, banyak mengonsumsi air putih, buah-buahan yang tidak memiliki getah, hingga berkumur menggunakan air garam hangat.

"Banyak minum, makan gizi seimbang dan buah tidak bergetah, istirahat, olah nafas, kumur air garam hangat dan ligasi hidung, (minum) obat demam atau batuk," kata Dicky melalui akun Twitternya, Senin (5/7/2021) pagi.

Dicky menekankan, saat ini banyak oknum mencari keuntungan dengan menyatakan produk yang mereka jual dapat 'menyembuhkan' pasien dari virus tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved