Breaking News:

Opini

Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 membuat ekonomi nasional menjadi porak poranda dan memerlukan strategi bagi pemulihan ekonomi nasional.

Editor: Sumarsono
HO
Rektor Universitas Balikpapan Dr Isradi Zaienal 

Oleh: Dr. Isradi Zainal

Rektor Uniba/Direktur Indeks Survey Indonesia (INSURIN)

TRIBUNKALTARA.COM - VIRUS Corona (Covid-19) yang kali pertama ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019 dalam waktu singkat menjadi pandemi dan telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pandemi Covid-19 membuat ekonomi nasional menjadi porak poranda dan memerlukan strategi bagi pemulihan ekonomi nasional.

Dalam mengatasi Covid-19 ini, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 1 tahun 2020 yang kemudian berubah menjadi Undang Undang No. 2 tahun 2020 sebagai landasan dan strategi bagi pemulihan ekonomi nasional sekaligus memberi dukungan negara bagi penanggulangan Covid-19.

Baca juga: PPKM dan Kebijakan Vaksinasi, PCR dan Rapid Test Antigen bagi Pelaku Penerbangan Domestik

Berdasarkan UU No. 2 tahun 2020 strategi pemertintah dalam memulihkan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19 adalah dengan menggelontorkan dana pada tahap awal Rp 87 triliun.

Dana tersebut diperuntukkan sebagai memenuhi kebutuhan pokok sarana dan prasarana kesehatan, termasuk tunjangan bagi tenaga kesehatan dan penelitian, bantuan sosial lebih dari Rp 200 triliun, serta  dukungan kepada UMKM. (www.itb.id).

Strategi ini mesti didukung oleh banyak pihak dan membutuhkan keterlibatan semua pihak, baik pemerintah, swasta, akademisi, media massa, organisasi masyarakat, perusahaan dan lain lain yang biasa diistilahkan dengan multihelix.

Ferij Wariyyo, Ketua Umum ISEI yang juga Gubernur Bank Indonesia, menyatakan ada 3 strategi yang bisa dilakukan dalam mendukung pemulihan ekonomi diantaranya:

Baca juga: Cek Kriteria Penerima Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Cair Agustus, Hanya Pekerja di Wilayah PPKM Level 4?

-Pentingnya digitalisasi khususnya bagi sektor UMKM untuk melahirkan new UMKM yang berbasis digital.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved