Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Bulungan jadi Wilayah Penyangga Pangan untuk IKN di Kaltim, Dinas Pertanian Beber Komoditas Utamanya

Bulungan jadi wilayah penyangga pangan untuk IKN di Kaltim, Dinas Pertanian beber komoditas utamanya.

Tangkapan Layar Youtube TribunKaltara.com
Narasumber dalam Talkshow Virtual bersama TribunKaltara.com bertajuk Wujudkan Bulungan Daulat Pangan dan Sejahtera, Senin (16/8/2021). Hadir dalam acara Bupati Bulungan Syarwani, Wakil Ketua DPRD Bulungan Hamka, Kepala Dinas Pertanian Achmad Yani, Plt Kepala Bappeda Litbang Iwan Sugiyanta, Pengusaha Beras Kaltara Ismail Mattalitti dan dipandu oleh Manajer TribunKaltara.com Sumarsono (Tangkapan Layar Youtube TribunKaltara.com) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELORBulungan jadi wilayah penyangga pangan untuk IKN di Kaltim, Dinas Pertanian beber komoditas utamanya.

Potensi pertanian di Bulungan cukup besar, hal ini dapat dilihat dari besarnya lahan pertanian yang dimiliki Bulungan dan hasil produksi pertanian seperti halnya beras.

Menurut Plt Bappeda Litbang Bulungan Iwan Sugiyanta, bila dilakukan perhitungan secara matematis berdasarkan data BPS pada Tahun 2020, angka produksi dan konsumsi beras masyarakat di Bulungan maka kondisi beras telah mencapai surplus.

Baca juga: DPRD Bulungan Minta Merk Beras Petani Lokal Terdaftar, Berikut Jawaban Dinas Pertanian

Wakil Ketua DPRD Bulungan Hamka, dan Kepala Dinas Pertanian Achmad Yani, dalam dalam Talkshow Virtual bersama TribunKaltara.com bertajuk Wujudkan Bulungan Daulat Pangan dan Sejahtera, Senin (16/8/2021). (Tangkapan Layar Youtube TribunKaltara.com)
Wakil Ketua DPRD Bulungan Hamka, dan Kepala Dinas Pertanian Achmad Yani, dalam dalam Talkshow Virtual bersama TribunKaltara.com bertajuk Wujudkan Bulungan Daulat Pangan dan Sejahtera, Senin (16/8/2021). (Tangkapan Layar Youtube TribunKaltara.com) (Tangkapan Layar Youtube TribunKaltara.com)

 

Hal tersebut ia ungkapkan dalam Talkshow Virtual bersama TribunKaltara.com bertajuk Wujudkan Bulungan Daulat Pangan dan Sejahtera, Senin (16/8/2021).

“Data dari BPS luas lahan padi di Bulungan 4.606 Ha ini meningkat dari tahun sebelumnya, dan hasil produksi berupa beras 9.080 Ton ini meningkat dari tahun sbebelumnya di 7.437 Ton,” kata Iwan Sugiyanta.

“Apabila asumsi kebutuhan beras mencapai 7.426 Ton per Tahun, artinya secara hitungan matematis kabupaten Bulungan telah surplus beras,” katanya.

Kondisi tersebut, menurut Iwan Sugiyanta sangat berpotensi menjadikan Bulungan sebagai lumbung pangan kawasan dan penyangga untuk pangan di Ibu Kota Negara atau IKN baru di Kaltim.

“Dengan kondisi ini sesungguhnya Buungan bisa menjadi lumbung pangan dan menjadi penyangga Ibu Kota nanti,” tambahnya.

Menanggapi potensi tersebut Wakil Ketua DPRD Bulungan Hamka mengatakan, yang perlu diperhatikan berikutnya ialah terkait stabilitas angka produksi dan kepastian harga bagi para petani.

“Dari segi beras kita sudah surplus, ini tentu harus dipertahankan dan harus dipikirkan harganya agar tidak merugikan petani kita,” kata Hamka.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved