Berita Nunukan Terkini

HUT Republik Indonesia ke-76, Lapas Klas IIB Nunukan Berikan Remisi 411 WBP, Tak Ada yang Bebas 

HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Nunukan memberikan remisi bagi 411 Warga Binaan.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
HO/ Lapas Klas IIB Nunukan
Perawat klinik Lapas Klas IIB Nunukan lakukan sosialisasi pencegahan dan pengendalian hipertensi kepada pegawai dan WBP, belum lama ini. (HO/ Lapas Klas IIB Nunukan) 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Dalam rangka menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Nunukan memberikan remisi bagi 411 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Pembinaan dan Kegiatan Kerja (Binadik), Lapas Klas IIB Nunukan, Hendra Maha Saputra.

"HUT ke-76 Republik Indonesia kali ini, kami usulkan 411 WBP untuk memperoleh remisi," kata Hendra Maha Saputra kepada TribunKaltara.com, Senin (16/08/2021), pukul 12.00 Wita.

Baca juga: 19 Warga Binaan Lapas Tarakan Terpapar Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri, 6 Pegawai juga Positif

Hendra mengatakan, dari 411 WBP yang diusulkan itu memiliki kasus narkotika dan pidana umum seperti pencurian, penadahan, sajam dan asusila.

Dia juga menyebut beberapa syarat bagi WBP untuk memperoleh remisi, yakni telah menjalani hukuman 6 bulan sebelum adanya hari besar (hari besar keagamaan dan HUT RI).

Baca juga: Jelang HUT ke-76 RI, 477 Warga Binaan Lapas Tarakan Diusulkan Memperoleh Remisi

Kemudian, WBP terkait telah divonis oleh Pengadilan Negeri. Selanjutnya berkelakuan baik dan untuk hukuman khusus (PP 99) ada syarat tambahan yang harus dilengkapi.

"Tidak ada WBP yang bebas saat mendapatkan remisi, karena sudah diasimilasi di rumah," ucapnya.

Susana Sura Leka saat berada di puncak bukit, wisata Lapas Nunukan, Jalan Sei Jepun, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Minggu (23/05/2021), sore.
TRIBUNKALTARA.COM/ Febrianus felis
Susana Sura Leka saat berada di puncak bukit, wisata Lapas Nunukan, Jalan Sei Jepun, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Minggu (23/05/2021), sore. TRIBUNKALTARA.COM/ Febrianus felis (TRIBUNKALTARA.COM/FELIS)

Tak hanya itu, Hendra mengaku, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) pun mendapatkan hak yang sama untuk diberikan remisi pada HUT ke-76 RI.

"Ada dua Napi anak yang mendapat remisi. Jadi anak-anak yang usianya 18 tahun kebawah diusulkan mendapatkan remisi," ujarnya.

Baca juga: Penelusuran Kasus Sabu-sabu 126 Kilogram, Polda Kaltara Telusuri Pengunjung DK di Lapas Bontang

Untuk kunjungan keluarga WBP ke Lapas Nunukan pada 17 Agustus nanti, beber Hendra ditiadakan.

"Sementara ini, silahturahmi keluarga WBP kita alihkan ke layanan video call. Tapi hari H, 17 Agustus layanan video call sementara libur," tuturnya.

Hendra mengungkapkan, untuk memeriahkan HUT RI, pihaknya menggelar beberapa lomba yang pesertanya adalah para WBP.

"Nanti kita akan buat beberapa lomba di dalam Lapas seperti Futsal, Catur, Voly, Sepak Takraw. Termasuk bidang kesenian berupa karaoke," ungkapnya.

Baca juga: 5 Tersangka Kasus Sabu 126 Kg Berhasil Diamankan, Polda Kaltara: Dikendalikan Tahanan Lapas Bontang

Diketahui, Saat ini total hunian di Lapas Klas IIB Nunukan sebanyak 1.229 orang. Sementara itu, kapasitas Lapas hanya 374 WBP.

(*)

Penulis: Febrianus Felis

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved