Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama pandemi, Ini Beberapa Ide Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Peristiwa pandemi membuat banyak perubahan kebiasaan. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi

Editor: Hajrah
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
Ilustrasi, Kegiatan olahraga di Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI) 

TRIBUNKALTARA.COM- Peristiwa pandemi membuat banyak perubahan kebiasaan. Sebelumnya tidak pernah terbayangkan wabah ini bisa berdampak pada hampir semua sisi kehidupan.

Memunculkan kebiasaan-kebiasaan baru yang melompati apa yang biasanya dilakukan. Melihat berita tentang melonjaknya kasus COVID-19 mau tidak mau menimbulkan kecemasan berlebihan.

Kondisi yang berubah dengan begitu cepat untuk waktu yang tidak dapat ditentukan lamanya. Belum lagi pemberitaan secara terus-menerus, mau tidak mau menyebabkan perubahan pada kesehatan mental. Kemudian fakta tentang semakin terbatasnya ruang untuk melakukan rutinitas.

Ditambah jarak fisik dari teman-teman hingga kehilangan peristiwa penting seperti perayaan dan liburan betul-betul rentan mempengaruhi kesehatan sosial, emosional dan mental saat ini.

Kondisi tersebut tentu berbahaya karena bisa menyebabkan gangguan psikosomatis.

Melansir parapuan.co, hal itu sama diungkapkan oleh psikolog Indah Sundari, M.Psi.

Indah memaparkan bahwa psikosomatis merupakan tantangan mental yang meningkat secara signifikan selama pandemi.

"Artinya, seseorang bisa merasa sakit secara fisik tetapi tidak terdapat gejala fisik. Hal ini biasanya disebabkan oleh stres,panik, ataupun cemas. Burnout juga menjadi tantangan mental lainnya," jelasnya.

Sebagai psikolog, Indah juga memberikan saran dalam berbagai acara mengenai cara menjaga kesehatan mental selama pandemi.

Berikut lima hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi menurut psikolog Indah. Diantaranya melukis, meditasi, hingga berolahraga.

Baca juga: Belajar dari Pandemi di Masa Sahabat Rasulullah: Cikal Bakal Munculnya Peradaban Baru

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved