Tips Otomotif

Begini Cara Melihat Nomor Rangka Motor dengan Mudah, Bisa Melalui Handphone

Saat membeli motor bekas selain memastikan kondisi body dan mesin, sebaiknya Anda juga memperhatikan nomor rangka motor tersebut.

Instagram @welovehonda_id
Ilustrasi Honda Vario 

TRIBUNKALTARA.COM - Begini cara melihat nomor rangka motor dengan mudah. Saat membeli motor bekas selain memastikan kondisi body dan mesin, sebaiknya Anda juga memperhatikan nomor rangka motor tersebut.

Layaknya sebuah produk industri, motor memiliki nomor identitasnya sendiri.

Nomor rangka ini juga terdapat pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Lalu bagaimana cara melihat nomor rangka pada motor ini? Ternyata tidak sulit. Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini dikutip dari suzuki.co.id:

Cara Melihat Nomor Rangka Motor

Melihat Nomor Rangka di STNK

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau biasa disebut dengan STNK merupakan cara melihat nomor rangka yang paling mudah. Sebagai surat tanda nomor kendaraan, surat ini memuat berbagai informasi lengkap mengenai kendaraan yang akan Anda beli.

Baca juga: Tak Sekadar Terang, Ini Kelebihan Lampu LED Motor Dibanding Bohlam Kuning

Namun sayangnya, STNK sering dipalsukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, Anda benar-benar harus teliti dan memastikan bahwa surat tersebut adalah asli. Anda bisa memeriksa keaslian dokumen dengan membawanya langsung ke Samsat setempat.

Melihat Nomor Rangka di BPKB

Cara selanjutnya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Baik STNK atau BPKB umumnya memuat informasi tentang kendaraan, termasuk kepemilikan dan nomor rangka motor.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved