Kesehatan

Antara Persalinan Normal VS Operasi Caesar yang Mana Paling Aman, Berikut Manfaat dan Risikonya

Apapun metode persalinannya, normal atau caesar, seorang ibu tetap memiliki perjuangan yang berarti untuk melahirkan buah hatinya

Editor: Hajrah
TRIBUNKALTARA.COM/ OCHA
Ilustrasi Ibu Hamil. Apapun metode persalinannya, seorang ibu tetap memiliki perjuangan yang berarti untuk melahirkan buah hatinya. Jadi, tak ada satu orang pun yang berhak menilai "kesempurnaan" seorang ibu hanya dari bagaimana ia melahirkan. (TRIBUNKALTARA.COM/ OCHA) 

TRIBUNKALTARA.COM-  Ada seorang ibu yang memilih melahirkan anaknya secara normal dengan alasan lebih alami. Ada juga wanita yang memilih melahirkan secara caesar dengan berbagai pertimbangan, salah satunya alasan medis dan kondisi kesehatan sang ibu dan bayi.

Dikutip dari Alodokter, hingga kini kedua metode persalinan ini masih menuai pro dan kontra. Akibatnya, para ibu hamil yang sedang merencanakan persalinan jadi ketar-ketir dan bimbang.

Masih ingat bagaimana artis Aurel Hermansyah trending di Twitter karena pernyataan mertuanya yang bilang bahwa Aurel sebaiknya melahirkan normal alih-alih caesar agar bisa punya banyak anak.

Hal tersebut kemudian memicu perdebatan warganet.Banyak yang menganggap komentar ayah Atta Halilintar, Halilintar Anofial Asmid tidak etis diucapkan kepada seorang wanita yang akan melahirkan.

Lantas metode persalinan yang mana lebih baik?

Seyogyanya kedua metode persalinan sama-sama baik. Toh sama-sama bertujuan untuk membantu bayi dapat lahir dengan sehat dan ibunya pun selamat.

Nah, supaya tujuan tersebut bisa tercapai dengan baik, metode persalinan sebaiknya ditentukan dari bagaimana kondisi ibu dan kandungannya, bukan dari sekadar keinginan saja.

Baik persalinan normal (per vaginam) maupun operasi caesar, sama-sama ada kelebihan dan kekurangannya.

Sebaiknya dipahami bahwa kondisi tiap kehamilan itu spesial dan bisa berbeda-beda. Sehingga, metode persalinan yang dijalani pun bisa berbeda. Lebih baik diskusikan rencana persalinan, beserta manfaat dan risikonya secara mendalam bersama dokter kandungan.

Apapun metode persalinannya, seorang ibu tetap memiliki perjuangan yang berarti untuk melahirkan buah hatinya. Jadi, tak ada satu orang pun yang berhak menilai "kesempurnaan" seorang ibu hanya dari bagaimana ia melahirkan.

Baca juga: Aurel Hermansyah Pilih Tanggal Cantik 22-02-2022 untuk Melahirkan, Keluarga Pindahan ke Rumah Sakit

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved