Berita Kaltara Terkini

Kalimantan Utara Segera Miliki Pengadilan Tinggi, Utusan Mahkamah Agung Bakal Cek Kesiapan Kantor

Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim, Sutoyo memastikan operasional Pengadilan Tinggi Kaltara dan Pengadilan Tinggi Agama Kaltara dilakukan tahun ini.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI
Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim, Sutoyo (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Kaltim, Sutoyo memastikan operasional Pengadilan Tinggi (PT) Kaltara dan Pengadilan Tinggi Agama Kaltara dilakukan tahun ini.

Sutoyo mengaku telah menyiapkan daftar nama personel yang nantinya akan bertugas di Kaltara.

Baca juga: Ketua DPRD Kaltara Setujui Percepatan Pembentukan Pengadilan Tinggi Agama, Ini Lokasi Pembangunannya

Namun, Sutoyo masih menunggu penetapan dari MA, karena menurutnya SDM untuk Pengadilan Tinggi Kaltara bisa berasal dari Kaltim maupun dari wilayah lain di Indonesia.

"Kalau SDM sudah ada untuk yang nanti dapat diangkat untuk memenuhi Pengadilan Tinggi di Kaltara tinggal menunggu SK saja.

Tapi itu nanti bisa dari Pengadilan Tinggi Kaltim atau luar Kaltim tergantung dari pusat yang mengeluarkan SK," ungkapnya.

"Minimal SDM itu 30 orang, itu ada hakim tinggi dengan ketua 6 orang, ditambah panitera, sekretaris dan panitera muda dan para Kasub dan Kabag dan staf-stafnya itu, jadi minimal 30 personel," ujarnya.

Karena belum memiliki gedung sendiri, maka untuk tahap awal, Sutoyo menjelaskan, pihaknya akan menyewa kantor atau pinjam pakai aset dari Pemprov Kaltara.

Menurut Sutoyo, pihak Mahkamah Agung (MA) juga akan datang ke Kaltara untuk meninjau lokasi gedung untuk Pengadilan Tinggi Kaltara.

"Untuk kantornya kita belum tahu, apakah mau nyewa atau pinjam pakai pemprov," kata Sutoyo, Rabu (16/3/2022).

"Karena nanti ada dari Kabiro Perencanaan dan Kabiro Perlengkapan dari MA yang mau datang ke sini sekaligus melihat lokasi bangunan yang akan digunakan untuk operasional," ujarnya.

Ia mengatakan, kehadiran Pengadilan Tinggi Kaltara sangat penting, mengingat sampai saat ini belum ada Pengadilan Tinggi di Kaltara.

"Rencana dalam waktu dekat, tahun ini sudah operasional, karena bagaimanapun juga, kehadiran Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama untuk melayani masyarakat Kaltara," ujarnya.

Baca juga: Bakal Miliki Pengadilan Tinggi Agama, Badan Legislasi DPR RI Sambangi Kaltara

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved