Berita Tarakan Terkini

Pandemi Covid-19, Bazar Murah Hasil Pertanian Tak Digelar Jelang Ramadan & Idul Fitri Tahun Ini

Kegiatan bazar murah menjual aneka sayuran, pangan dan produk hasil pertanian tahun ini kembali tidak bisa diadakan jelang Ramadan dan Idul Fitri.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
lustrasi kegiatan Agro Day yang pernah diadakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian beberapa tahun lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Kegiatan bazar murah menjual aneka sayuran, pangan dan produk hasil pertanian tahun ini kembali tidak bisa diadakan jelang Ramadan dan Idul Fitri.

Dikatakan Elang Buana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tarakan, alasannya karena kondisi masih pandemi. Dikhawatirkan massa terlalu banyak berkumpul.

“Akhirnya kami seperti tahun kemarin belum bisa mengadakan sekitar dua tahun sudah tidak diadakan,” bebernya.

Baca juga: Hasil Pertanian Belum Penuhi Kebutuhan Pangan Pekerja Proyek KIPI, Disperta Bulungan Cari Solusi

Padahal jika dibandingkan jauh sebelum pandemic, tiap tahun pasti diadakan. Bahkan lanjut Elang Buana, setiap pekan bahkan di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Taraan digelar pada hari Rabu diadakan di minggu pertama dan minggu ketiga, ada namanya kegiatan Agro Day.

“Kami ada buat pasar di bawah untuk Agro Day. Karena sekarang kondisi Covid-19, tahun ini dan kemarin ditiadakan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, lagi-lagi ditunda lagi. Apalagi kondisi saat ini masih di PPKM level 3. Namun bukan berarti tidak bisa diadakan.

Baca juga: Jadi Penyangga Pangan IKN, Produksi Pertanian Bulungan Masih Rendah, Disperta Beber Kendala

“Ya tahun ini kita lihat situasi kondisi dulu saja. Apakah memang memungkinkan,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pembahasan internal juga belum ada dan persiapan juga demikian. Dan jikapun ada diadakan harus ada meminta izin dari Satgas Penanganan Covid-19.

“Karena kami biasa hanya menjualkan saja mengikuti harga dasar. Mulai dari daging sapi segar, kemarin ada permintaan termasuk ayam segar dan beku, sayuran, gula minyak, kerja sama dengan Bulog dan distributor,” ujarnya.

Ilustrasi kegiatan Agro Day yang pernah diadakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian beberapa tahun lalu.
Ilustrasi kegiatan Agro Day yang pernah diadakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian beberapa tahun lalu. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Pada intinya, kebutuhan pangan masyarakat di Tarakan lanjutnya. Lebih lanjut dijelaskannya, untuk kegiatan bazar murah berbeda dengan Pasar Ramadan.

Baca juga: Lahan Pertanian di Kabupaten Tana Tidung Luas, Kepala Distan Sebut SDM Perlu Peremajaan

“Biasanya ada kalau Pasar Ramadan pasti ada. Jelang masuk Ramadan biasanya jual kue pasti ada di titik tertentu nanti dan ini belum dibahas DKUKMP,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved