Mutiara Ramadan

Kewajiban Berbakti kepada Orang Tua

Kewajiban terbesar yang harus ditunaikan oleh seorang hamba setelah kewajibannya kepada Allah SWT dan Rasul-Nya adalah berbakti berbakti ke orang tua.

Editor: Amiruddin
Ho / Herman Aisa Pabittei, S.Ag
Pelaksana Penyusun Bahan Penerbitan Dakwah pada Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan, Herman Aisa Pabittei, S.Ag 

Oleh : Herman Aisa Pabittei, S.Ag

(Pelaksana Penyusun Bahan Penerbitan Dakwah pada Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan)

TRIBUNKALTARA.COM - Ketahuilah, kewajiban terbesar yang harus ditunaikan oleh seorang hamba setelah kewajibannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan Rasul-Nya adalah kewajiban berbakti dan memenuhi hak orang tua. Hal ini sebagaimana dalam firman-Nya,

“Beribadahlah kalian kepada Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun dan berbuat baiklah kalian kepada kedua orang tua.” (an-Nisa: 36)

Di dalam ayat lainnya, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula).” (al-Ahqaf: 15)

Semakna dengan ayat tersebut Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

“Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun.” (Luqman: 14)

Pada dua ayat tersebut Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjelaskan betapa pentingnya kewajiban berbakti kepada orang tua. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menggambarkan betapa besarnya pengorbanan dan jasa orang tua, terutama ibu kepada anaknya.

Maka dari itu, sudah semestinya seorang anak berbuat baik kepada orang tuanya. Sebab, orang yang berakal tentu tidak akan melupakan kebaikan orang lain terhadapnya, apalagi membalas kebaikannya dengan menyakitinya. Lantas, apakah layak seorang anak melupakan kebaikan orang tuanya sehingga tidak berbuat baik kepadanya?

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved