Banjir di Malinau

Update Banjir di Malinau Mulai Surut, Warga Antisipasi Air Laut Pasang Berpotensi Sungai Meluap lagi

Update banjir di Malinau hingga Minggu (22/5/2022) siang mulai surut. Meski demikian warga antisipasi air laut pasang yang berpotensi sungai meluap.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Sumarsono
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
Banjir menggenangi sejumlah ruas jalan di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Minggu (22/5/2022). (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Update banjir di Malinau hingga Minggu (22/5/2022) siang mulai surut. Meski demikian warga antisipasi air laut pasang yang berpotensi Sungai Kayan meluap lagi.

Kawasan dataran rendah di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau tengah tergenang banjir luapan air Sungai Malinau.

Pantauan TribunKaltara.com di sekitar wilayah ibu kota kabupaten, ketinggian banjir perlahan mulai surut. Namun, banjir masih berpotensi naik saat pasang naik air laut sore nanti.

Di Kecamatan Malinau Kota, Malinau Hulu, Pelita Kanaan dan sekitarnya air sungai meluap dan menggenangi sejumlah ruas jalan.

Sementara di Kecamatan Malinau Barat, Desa Tanjung Lapang dan sejumlah permukiman di aliran Sungai Malinau juga tergenang banjir.

Baca juga: Ketinggian Air Masih Batas Wajar, Speedboat Reguler Rute Malinau ke Tarakan Masih Dapat Beroperasi

Kepala Desa Tanjung Lapang, Yusia Yusuf kepada TribunKaltara.com mengungkapkan, saat ini sejumlah ruas jalan termasuk beberapa wilayah dataran rendah  juga tergenang banjir.

"Di Tanjung Lapang tergenang juga. Tapi kondisinya belum mengkhawatirkan. Masih terus kita pantau.

Banjir menggenangi sejumlah ruas jalan di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Minggu (22/5/2022).
(TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI)
Banjir menggenangi sejumlah ruas jalan di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Minggu (22/5/2022). (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI) (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI)

Laporan terkini permukiman sebelah dalam, ketinggian air kurang lebih 60 cm di atas permukaan jalan," ujarnya kepada TribunKaltara.com melalui telepon seluler, Minggu (22/5/2022).

Air Sungai Malinau diperkirakan naik sejak pagi hari tadi. Air meluap hingga ke badan jalan Poros Malinau di Desa Tanjung Lapang.

Saat ini, ketinggian air masih terus dipantau. Hal yang perlu diantisipasi menurutnya adalah kemungkinan pasang naik air laut yang diperkirakan siang atau sore nanti.

Baca juga: Banjir Rendam Ibu Kota Malinau, Sejumlah Ruas Jalan Tidak Bisa Dilewati, Camat Turun Tangan

Desa Tanjung Lapang menjadi desa prioritas penanganan banjir berdasarkan peta Rawan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kaltara.

"Masih terus kita pantau. Terutama air pasang nanti. Saat ini kondisi masih aman. Tapi kalau air kembali naik dan tidak kunjung surut, kita persiapan warga terdampak evakuasi ke Balai Adat," katanya.

Kemarin, debit air sejumlah sungai di aliran Hulu Sungai Malinau dikabarkan meningkat.

Baca juga: Breaking News- Air Sungai Meluap, Ibu Kota Kabupaten Malinau Kalimantan Utara Tergenang Banjir

Curah hujan tinggi semalaman yang konsisten mengguyur Malinau sepekan terakhir.

Sebelumnya, sejumlah desa di Kecamatan Malinau Utara. Desa Belayan, Respen Tubu, Luso dan sekitarnya dikabarkan juga tergenang banjir.

"Malinau Utara naik juga dari semalam. Kita tunggu air pasang, siang atau sore ini. Kemungkinan naik lagi kalau waktu air dari hulu bersamaan turun," ujar Nelayan di Malinau Utara, Sabri melalui telepon seluler.

(*)

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved