Berita Bulungan Terkini

Kondisi Cuaca yang tak Menentu Kadang Panas dan Hujan di Kabupaten Bulungan, Ini Penjelasan BMKG

Akhir-akhir ini sering terjadi cuaca panas di siang hari, lalu tiba-tiba turun hujan yang disertai angin kencang hingga malam di berbagai Kaltara.

TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kondisi terkini ketinggian air pasang Sungai kayan di Bulungan, Senin (23/5/2022) Sore baru dilakukan pantauan oleh tim BPBD Bulungan 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN- Akhir-akhir ini sering terjadi cuaca panas di siang hari, lalu tiba-tiba turun hujan yang disertai angin kencang hingga malam di berbagai wilayah Kaltara salah satunya di Kabupaten Bulungan

Menurut prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Juwata Tarakan Muhammad Hermansyah, satu sampai tiga hari ke depan kondisi cuaca tidak menentu.

"Karena ada pertemuan pembentuka masa awan angin siklonis yang terjadi di langit Kaltara dari timur selatan yang menyebabkan berpotensi hujan ringan hingga lebat, satu sampai tiga hari bahkan hingga satu minggu ke depan bisa terjadi" ucapnya Senin (23/5/2022).

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kaltara, Senin 23 Mei 2022, BMKG: Bulungan Pagi dan Malam Bakal Hujan Ringan

Hermansyah mengatakan, kondisi cuaca di Kabupaten Bulungan yang tidak tidak menentu masih keadaan normal.

"Seperti terjadi cuaca mendung beberapa hari ini, lalu hujan kemudian tiba-tiba panas, masih batas normal di Bulungan, hal tersebut karena masuk pada wilayah masa peralihan musim kemarau," ucapnya.

Tak hanya itu, Hermansyah mengimbau kepada masyarakat jangan terpengaruh isu cuaca di luar provinsi Kaltara.

"Jadi jangan menyamakan dengan isu cuaca di wilayah pulau Jawa kalau di sana punya pola denah musim yang jelas. Namun cuaca di Kaltara berbeda dengan daerah lainnya, setiap bulannya pasti potensi curah hujan tinggi," ucapnya.

Baca juga: WASPADA 5 Wilayah di Krayan Nunukan Diprediksi Diguyur Hujan Petir Minggu 22 Mei 2022 Siang Ini

Hermansyah prakirakan curah hujan tinggi di Kalimantan Utara hanya terjadi pada bulan Mei, Oktober dan November.

"Namun curah hujannya bervariasi dari curah hujan tinggi dan rendah itu biasa terjadi pada bulan April Mei Oktober November. Adapun Juni Juli masih ada potensi hujan, tetapi hujan ringan karena mau memasuki musim kemarau," ucapnya.

Sementara itu, kata Hermansyah BMKG sering melakukan koordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Kota di Kaltara untuk segera menyampaikan kondisi cuaca terkini setiap hari.

Kondisi terkini ketinggian air pasang Sungai kayan di Bulungan, Senin (23/5/2022) Sore baru dilakukan pantauan oleh tim BPBD Bulungan
Kondisi terkini ketinggian air pasang Sungai kayan di Bulungan, Senin (23/5/2022) Sore baru dilakukan pantauan oleh tim BPBD Bulungan (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

"Kita selalu berkoordinasi dengan posko BPBD di Kabupaten Kota terkait himbauan curah hujan di daerah tersebut apakah hujan ringan hingga lebat," ucapnya.

Terpisah, Forecaster stasiun Meteorologi Tanjung Harapan, Kabupaten Bulungan Qudarul Laukhim Makhfud menambahkan beberapa hari ke depan masih terjadi hujan ringan hingga lebat.

"Soalnya beberapa hari ke depan masih terjadi gangguan atmosfer menguatnya labilitas lokal di wilayah Kabupaten Bulungan," ucapnya.

Kemudian Qudarul memprakirakan cuaca hujan curah tinggi beberapa hari ke depan masih terjadi di Peso, Peso Hilir.

Baca juga: Info Cuaca Kota Tarakan, Senin 23 Mei 2022, 4 Kecamatan Ini Berpotensi Hujan pada Malam Hari

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved