Berita Bulungan Terkini

Bahas Retribusi Parkir Pasar Induk, Dishub Bulungan Akan Jadwalkan Pertemuan dengan OPD Terkait

Bahas retribusi parkir Pasar Induk Tanjung Selor, Dishub Bulungan akan jadwalkan pertemuan dengan OPD terkait, Wabup sebut menjadi perhatiannya.

Penulis: - | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Suasana parkir kendaraan di lobi pintu utama parkir pasar induk Tanjung Selor Sabtu (2/7/2022) dan pasar sembako di komplek pasar Induk Tanjung Selor. 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Bahas retribusi parkir Pasar Induk Tanjung Selor, Dishub Bulungan akan jadwalkan pertemuan dengan OPD terkait, Wabup sebut menjadi perhatiannya.

Setelah mendengar pandangan umum anggota DPRD pada saat sidang rapat paripurna Selasa (28/6/2022) lalu.

Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala menjawab penarikan retribusi parkir di Pasar Induk Tanjung Selor akan menjadi perhatiannya bersama jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Kemarin ada saran dari anggota DPRD tentang retribusi parkir, penempatan pedagang di pasar buah sama penempatan terminal pasar induk menjadi perhatian kami lebih lanjut di Pemkab Bulungan," ucapnya Sabtu (2/7/2022).

Baca juga: Pemkab Bulungan Upayakan Pengembangan Usaha UMKM, Kegiatan Ini yang Bakal Dilakukan 

Lebih lanjut, menurut harapan dari anggota DPRD Bulungan, kata Ingkong Ala mereka ingin agar aset setiap OPD disajikan pada neraca OPD.

"Dan dikonsolidasikan dalam aset pada neraca Pemkab Bulungan dalam laporan keuangan pemerintah daerah, sehingga untuk mengetahui nilai rill kekayaan daerah dapat merujuk kepada neraca Pemkab Bulungan," ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Bulungan Khairul menambahkan akan ada pertemuan kembali dengan asisten Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

"Akan ada rapat tindak lanjut kembali dengan Asisten dua. Karena peralihan penyusunan aset dari Dishub ke Disperindagkop sesuai dengan PP 29 menurut BPKAD aset yang melekat yakni retribusi parkir itu nanti akan milik Disperindagkop," ucapnya Sabtu (2/7/2022).

Menurut Khairul saat ini masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Bulungan punya tugas bekerja sama untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Pada prinsipnya sama, bahwa seluruh OPD punya komitmen untuk meningkatkan PAD Pemkab Bulungan melalui fungsi masing-masing OPD kami siap saling menyelaraskan," ucapnya.

Khairul memprakirakan hasil penarikan tarif retribusi parkir kendaraan secara keseluruhan di Pasar Induk Tanjung Selor untuk meningkatkan hasil PAD bisa mencapai miliaran rupiah.

"Kalau secara keseluruhan perolehan dari data versi kita, kemarin kita di targetkan tahun 2020 Rp 1,1 Miliar itu didapatkan dari aset ke pelabuhanan dan sektor perparkiran," ucapnya.

Namun, Khairul berharap ke depan dalam pengurusan peralihan aset misalnya dari OPD A ke OPD B bisa lebih baik.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Bulungan Hari Ini, Sabtu 2 Juli 2022, BMKG Prediksi Cerah Berawan

"Cuman beberapa hal harus dibenahi atau dilengkapi dalam arti kata bahwa peralihan itu tidak serta merta harus dialihkan contoh anjab yang berhubungan kode rekening," ucapnya.

Meskipun sudah lama tarif retribusi ditangani Dishub Bulungan, Khairul yakin selama dijalankan Disperindagkop sudah sangat tepat.

"Artinya di serahkan aset sarana dan prasarana serta retribusi perparkiran ini ke Disperindagkop supaya lebih tepatlah, baik penataanya supaya incloud pengelolaan pasar Induk," ucapnya.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved