Berita Tarakan Terkini

Tak Puas Curi Asesoris Handphone, Pria Ini Gasak Motor, Plat Nomor dan Warna Diganti Pelaku

Pelaku pencurian berinisila RA atau RH ini ternyata tak hanya mencuri di toko aksesrosi handphone saja, tapi juga curi motor di rumah warga.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Tampak kendaraan roda dua jenis matic Mio M3 yang dicuri oleh pelaku RA atau RH dan sudah diganti warna dan pelat palsu 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – RA atau RH, pelaku pencurian asesoris handphone di Toko Tunggal Jaya Kelurahan Selumit Kota Tarakan Provinsi Kaltaram, dan sempat terekam CCTV pada Maret 2022 lalu kasusnya kini dalam proses penyidikan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, RA atau RH tidak hanya satu kali melakukan aksi pencurian. empat bulan lalu, tepatnya, Minggu (26/6/2022) lalu. Setelah itu kembali melakukan pencurian, kali ini menyasar motor jenis Mio M3 bernopol KU 3491 XG milik warga RT 5 Kelurahan Karang Balik Kecamata Tarakan Barat.

RA melakukan aksinya sekitar pukul 23.00 WITA dan berhasil membobol paksa kunci kontak motor milik korban yang terparkir di halaman rumah.

Baca juga: Proses Penyelidikan, Kasus Pencurian di RT 10 Selumit dan Gunung Lingkas Diduga Sama Pelakunya,

Dikatakan Kepala KSKP Polres Tarakan, IPTU Sri Djayanthi M, didampingi Kanit Reskrim KSKP Polres Tarakan, Putu, pelaku RH merusak kunci kontak setelah berhasil dirusak lalu dibawa kabur langsung olehnya.

“Untuk nilai kerugian kendaraan motor diperkirakan mencapai Rp 19 juta," ujarnya.

Baca juga: Terekam CCTV, Pelaku Pencurian Dua Kali Ganti Sweter, Bobol Toko Asesoris Handphone di Selumit

Lebih jauh dikatakan IPTU Sri Djayanthi, motor jenis Mio M3 ini ternyata sudah diubah warna oleh pelaku. Sebelumnya motor tersebut memiliki warna asli merah hitam dan diganti warna hijau hitam.

"Pelatnya pun diganti. Pelatnya ditemukan. Pelat asli motor dibuang pelaku karena dari dealer masih. Diwarnai diganti warnanya juga," ujarnya.

Tampak kendaraan roda dua jenis matic Mio M3 yang dicuri oleh pelaku RA atau RH dan sudah diganti warna dan pelat palsu
Tampak kendaraan roda dua jenis matic Mio M3 yang dicuri oleh pelaku RA atau RH dan sudah diganti warna dan pelat palsu (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Untuk pelat, pelaku mengganti denga KU 5601 GF dan pelat asli dibuang oleh pelaku untuk menutupi kejahatannya dan tidak dikenali pemilik.

Ia melanjutkan rencananya pelaku ingin menggunakan sendiri motor curian tersebut dan tidak untuk dijual. Pelaku yang masih berusia sekitar 27 tahun ini dikenal tidak memiliki pekerjaan alias pengangguran.

Baca juga: Marak Aksi Pencurian di Malinau Kota, Polsek Minta Aktifkan Lagi Poskamling di Lingkungan RT

"Untuk sehari-hari saja. Dia pengangguran. Dulu kerja honorer di Kelurahan Juata Permai. Setelah berhenti dia melakukan pencurian," jelasnya.

Atas aksinya itu, pelaku RA atau RH dikenakan pasal 363 ayat 1ke-3 KUHPidana juncto Pasal 65 ayat 1 dengan ancaman 7 tahun penjara.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved