Berita Nunukan Terkini

Program Baru Lantas Polres Nunukan Saat Operasi Zebra Kayan 2022, Arofiek: Duduk Dengar Kasi Solusi

Program baru Lantas Polres Nunukan saat Operasi Zebra Kayan 2022, Kasat Lantas Polres Nunukan, AKP Arofiek Aprilian Riswanto: Duduk Ddngar kasi solusi

Penulis: Febrianus Felis | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / FEBRIANUS FELIS
Apel gelar pasukan Operasi Zebra Kayan 2022 di Lapangan Apel Tribrata Polres Nunukan, Senin (03/10/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Lantas Polres Nunukan beberkan program barunya saat Operasi Zebra Kayan 2022 yang disebut DDKS (datang dengar kasi solusi).

Pagi tadi Polres Nunukan sudah melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra Kayan 2022 di Lapangan Apel Tribrata Polres Nunukan, Senin (03/10/2022).

Operasi Zebra Kayan 2022 dimulai pada hari ini hingga 16 Oktober 2022.

Kasat Lantas Polres Nunukan, AKP Arofiek Aprilian Riswanto mengatakan program DDKS sengaja dimasukan pada Operasi Zebra Kayan 2022 kali ini sebagai bentuk tindakan preventif dan preemtif di masyarakat.

Baca juga: Polres Nunukan Temukan Mobil Dinas Pemerintah Daerah Mati Pajak, Kasat Lantas Tegaskan Ini

Program DDKS ini kata Arofiek menyasar masyarakat yang berkendaraan baik roda dua maupun roda empat. Termasuk sopir angkot ataupun komunitas motor.

"DDKS itu program inisiasi saya untuk diterapkan pada Operasi Zebra Kayan 2022 kali ini. Rencana besok kami mulai lakukan diskusi santai di PLBL. Fleksibel saja. Begitu lihat ada sekelompok orang seperti tukang ojek ya kami datangi," kata Arofiek kepada TribunKaltara.com, pukul 14.00 Wita.

Arofiek menjelaskan maksud dari program DDKS itu untuk mengakomodir setiap kendala yang dialami pengguna kendaraan saat berkendara di jalan raya.

Termasuk juga untuk mengetahui alasan belum memiliki surat-surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan lainnya.

"Besok itu kami datangi dan dengar apa kendala pengguna kendaraan di jalan raya selama ini. Lalu kami kasi solusi atau masukan positif kepada mereka. Makanya kami sebut duduk dengar kasi solusi," ucapnya.

Hasil dari DDKS itu, beber Arofiek akan dibawa ke rapat forum lalu lintas angkutan jalan.

"Dengan begitu kami jadi tahu apa saja masalah di jalan raya kenapa masih banyak pelanggaran lalu lintas. Terus kenapa surat kendaraan tidak lengkap. Setelah itu baru kami lakukan razia kendaraan," ujarnya.

Imbau Masyarakat Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Operasi Zebra Kayan 2022 akan menyasar pengemudi atau pengendara motor yang menggunakan ponsel saat berkendara.

Lalu pengemudi atau pengendara motor yang masih di bawah umur. Berikutnya pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang.

Baca juga: Arus Penumpang Speedboat Reguler Pagi Rute Nunukan-Tarakan Terpantau Sepi, Berikut Jadwalnya

Selain itu juga, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi yang tidak menggunakan safety belt.

Termasuk pengemudi atau pengendara dalam pengaruh alkohol dan yang melawan arus. Begitu juga yang melebihi batas kecepatan.

"Apabila didapati melanggar lalu lintas tetap kami laksanakan penilangan. Kami harap tahun ini zero accident, serta turunnya pelanggaran lalu lintas. Patuhi rambu lalu lintas begitu juga dengan surat-surat kendaraan,"

Penulis: Febrianus Felis

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved