Berita Tarakan Terkini

Dandim 0907 Tarakan Resmi Jadi Bapak Asuh, Wawali Targetkan Angka Stunting Turun 6 Persen di 2024

Apresiasi kepada Pemerintah Kota Tarakan dimana pentingnya kolaborasi dan kerja sama dalam percepatan penurunan stunting.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI HUMAS KODIM 0907 TARAKAN
Momen Dandim 0907 Tarakan, Letkol Inf Reza Fajar Lesmana bersama istri, dikukuhkan sebagai Bapak Asuh dan Ibu Asuh Stunting di Kota Tarakan, Kamis (13/10/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Kegiatan pengukuhan Bapak Asuh Stunting di Kota Tarakan digelar di Serbaguna Pemkot Tarakan, Kamis (13/10/2022).

Di momen pengukuhan Bapak Asuh Stunting Kota Tarakan, Dandim 0907 Tarakan, Letkol Inf Reza Fajar Lesmana dikukuhkan sebagai Bapak Asuh bagi keluarga berisiko stunting di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Komandan Kodim 0907 Tarakan, Letkol Inf Reza Fajar Lesmana mengungkapkan, dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di Kota Tarakan bersama Ny.Reza Fajar Lesmana sebagai ibu asuh ini dalam rangka memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tarakan dimana pentingnya kolaborasi dan kerja sama dalam percepatan penurunan stunting.

Baca juga: Percepatan Penurunan Angka Stunting, Hal Ini yang Dilakukan Disdikbud Tana Tidung 

"Kunci keberhasilan adalah kekompakan dan kolaborasi serta keinginan kita bersama program ini menjadi program prioritas,” ungkap Dandim 0907 Tarakan.

Program ini merupakan tindak lanjut dengan telah dikukuhnya pimpinan tinggi TNI AD (Kasad) sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Nasional, sehingga program ini turun ke bawah sampai di jajaran kodim dengan wilayah yang memiliki angka stunting baik di daerah maupun provinsi.

"Dalam hal ini, semua kita harus bekerja, dan kita optimis kita bisa seperti dalam penanganan Covid-19 kita tentu bisa dalam hal penurunan stunting juga kita pasti berhasil,” ungkap Dandim.

Baca juga: PKK Kabupaten Tana Tidung Target Prevalensi Stunting 2024 Jadi 5 Persen, Fokus di Kecamatan Betayau

Ia menambahkan, selain program stunting, maka program Keluarga Berencana di Kota Tarakan juga bisa sukses sehingga masyarakat semakin sejahtera.

“Sebagai orang tua asuh yang diberi amanat semoga saya bisa menunaikan tugas dengan baik serta bekerjasama dengan semua pihak,dan Semoga apa yang bisa dilakukan saya untuk membantu dan mendukung program pemerintah dapat bermuara terhadap kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya

Dandim 0907 Tarakan jadi bapak asuh 01 13102022
Momen Dandim 0907 Tarakan, Letkol Inf Reza Fajar Lesmana bersama istri, dikukuhkan sebagai Bapak Asuh dan Ibu Asuh Stunting di Kota Tarakan, Kamis (13/10/2022).

Dandim dan istri dikukuhkan langsung Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim dan diwakilkan oleh Sekretaris Badan, Alhafid Hidayat dan disaksikan langsung Ketua Penanganan Stunting di Kota Tarakan yang juga menjabat Wakil Wali Kota Tarakan, Effendhi Djuprianto.

Effendhi berpesan, sebagai Bapak Asuh yang ditunjuk, diharapkan bisa menjadi inspirasi dan semakin meneguhkan semangat dalam bersama-sama menurunkan angka stunting di Tarakan.

Baca juga: Bupati Ibrahim Ali Minta Percepatan Penurunan Angka Stunting di Tana Tidung, Begini Alasannya

“Pemkot Tarakan menargetkan agar angka stunting dapat diturunkan minimum ke 7,5 persen pada tahun 2023 dan 6 persen pada 2024 mendatang,” sebut Wakil Wali Kota Tarakan.

Untuk diketahui, tingkat stunting Kota Tarakan berdasarkan studi kasus gizi Indonesia mencapai 25,9 persen. Sementara indikator yang berbeda menurut data Elektronik-Pencataan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM), angka stunting mencapai 8,19 persen atau dengan perbandingan 12 anak, terdapat satu anak mengalami stunting.

“Untuk mencapainya, akan banyak tantangan dan peluang yang harus kita hadapi. Saya harap sinergi dan kolaborasi ini dapat diwujudkan. Dan kepada Dandim 907 Tarakan, bisa semakin mewujudkan TNI yang semakin dicintai, semakin manunggal bersama rakyat, mampu mendukung terwujudnya Tarakan sebagai kota maju dan sejahtera melalui smart city,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved