Berita Tarakan Terkini

Tribun Kaltara Goes to Campus UBT, Bawa Materi Telkomsel #Buka Semua Peluang, Ungkap Jumlah Pengguna

Tribun Kaltara Goes to Campus UBT, bawa materi Telkomsel #Buka Semua Peluang, sebut pengguna tembus 95 persen di Kaltara dan ungkap jumlah pelanggan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Zaiful Efendi, Manager Telkomsel Branch Tarakan dalam penyampaiannya membawa materi bertema Telkomsel #Buka Semua Peluang di momen Tribun Kaltara Goes to Campus Universitas Borneo Tarakan, Selasa (15/11/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Momen Tribun Kaltara Goes to Campus Universitas Borneo Tarakan kali ini menggandeng Telkomsel Tarakan sebagai salah satu mitra TribunKaltara.com, turut menyambangi mahasiswa, Selasa (15/11/2022).

Zaiful Efendi, Manager Telkomsel Branch Tarakan dalam penyampaiannya membawa materi bertema Telkomsel #Buka Semua Peluang yang masih berkorelasi dengan tema yang diusung dalam Goes to Campus, Literasi dan Wirausaha di Era Digital Bagi Mahasiswa.

“Berkaitan dengan materi yang disampaikan, kami penguatan dari sisi digital. Telkomsel saat ini terus mengembangkan digitalisasi. Ada beberapa poin kami sampaikan hari ini,” urainya.

Pertama dari sisi konektivitas jaringan mulai dari jaringan 3G, 4G dan 5G. Saat ini teknologi konektivitas digital terbarukan dilaksanakan yakni adanya pembaruan dan peningkatan kualitas infrastruktur jaringan untuk menghasilkan konektivitas digital terbaru dari 255,107 unti base transceiver station (BTS) hingga semester satu tahun 2022 secara nasional dan menjadikan 96 persen wilayah populasi negeri sudah terjangkau layanan 4G Telkomsel.

Baca juga: Dua Jadwal Speedboat Kaltara Rute Tarakan-Nunukan Hari Ini, Bertolak dari Pelabuhan Tengkayu 1 

“Salah satu dicoba dorong adalah Orbit. Orbit adalah internet rumah yang menjadi solusi bisa digunakan adik-adik pelajar dan mahasiswa, dimana Orbit ini salah satu modem bersifat mobile, bisa dibawa ke mana saja sehingga konektivitas jaringan 4G bisa bertambah besar,” urainya.

Ia melanjutkan, jangkauan jaringan Telkomsel saat ini di Kaltara diperkirakan hampir 96 persen yang terkaver sebagai pengguna jaringan Telkomsel.

“Ada 701.184 populasi di Provinsi Kaltara dan 96 persennya sudah terkonektivitas ke Telkomsel khususnya 4G,” ujarnya.

Kemudian lanjutnya, untuk toko pulsa sendiri capaiannya mencapai 4.194 terdiri dari Nunukan 46 persen, Tana Tidung 2 persen, Bulungan 13 persen, Malinau 14 persen dan Tarakan 23 persen.

“Penetrasi pelanggan THP populasi mencapai 95 persen. Untuk jangkauannya bermacam wilayah, sampai ke Sebatik, sampai meski di Nunukan masih ada beberapa kecamatan yang belum sampai seperti Krayan karena terkendala transportasi di sana. Jaringan tidak tembus secara koneksi karena jauh, dari site terdekat tidak terkaver,” bebernya.

Kondisinya juga terkendala infrastruktur, termasuk dampak kenaikan BBM menjadi salah satu tantangan Telkomsel.

Lebih lanjut diceritakan Zaiful, inovasi solusi digital saat ini ada pengembangan produk dan layanan digital yang komperhensif dan inovatif dalam menghadirkan solusi berdampak bagi kebutuhan gaya hidup digital masyarakat yang terus berkembang baik B2B, B2C, games dan remittance.

“Kami juga berusaha menginspirasi melalui inovasi penerapan teknologi terkini untuk menghadirkan solusi yang menginspirasi para pelaku industry dalam memaksimalkan pemanfataan 5G untuk 193 BTS 5G hingga semesater satu tahun 2022,” bebernya.

Dari sisi pendapatan kembali dijabarkan Zaiful, komposisi pendapatan yang paling terbesar mencapai 67,54 persen disumbaang dari kegiatan broadband. Kemudian terbesar kedua pendapatan Telkomsel disumbang dari kegiatan voice dan ketiga dari kegiatan digital 15,27 persen dan terakhir SMS hanya mencapai 1,24 persen.

“Artinya SMS ini sudah perlahan mulai ditinggalkan,” bebernya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved