Berita Daerah Terkini

Tanggapi Ribuan Pekerja Datang ke IKN Nusantara, Tokoh Sepaku: Jangan Jadikan Kami Sebagai Penonton

Belasan ribu pekerja akan berdatangan ke Kecamatan Sepaku sebagai lokasi proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara.

TRIBUNKALTARA.COM / DWI ARDIANTO
Masalah sosial pekerja IKN Nusantara yang mayoritas laki-laki menjadi keresahan pihak Otorita IKN, dan kini tengah memetakan wilayah sekitar agar tidak menjamurnya warung "remang-remang" karena berpotensi menjadi laten konflik. 

TRIBUNKALTARA.COM, SEPAKU - Belasan ribu pekerja akan berdatangan ke Kecamatan Sepaku sebagai lokasi proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara.

Rencana pemerintah mendatangkan belasan ribu pekerja ini mendapat komentar dari tokoh masyarakat Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ditemui di kediamannya pada Kamis (4/5/2023), Wero yang merupakan warga Kelurahan Mentawir Kecamatan Sepaku ini menyampaikan pendapatnya kepada TribunKaltara.com terkait kedatangan pekerja dari luar kaltim tersebut.

"Sebenarnya masyarakat di sini masih banyak yang menganggur, saya pikir masyarakat kami juga punya kualitas untuk bekerja di IKN Nusantara, " ujarnya.

Baca juga: Menpora Dito Siap Sinergi dengan Sanggar Budaya Kayun Kuleng, Tingkatkan SDM Pemuda Dayak untuk IKN

PEKERJA IKN - Masalah sosial pekerja IKN Nusantara yang mayoritas laki-laki menjadi keresahan pihak Otorita IKN, dan kini tengah memetakan wilayah sekitar agar tidak menjamurnya warung
PEKERJA IKN - Masalah sosial pekerja IKN Nusantara yang mayoritas laki-laki menjadi keresahan pihak Otorita IKN, dan kini tengah memetakan wilayah sekitar agar tidak menjamurnya warung "remang-remang" karena berpotensi menjadi laten konflik. (TRIBUNKALTARA.COM / DWI ARDIANTO)

Dia mengatakan, seharusnya masyarakat disini dulu yang diutamakan untuk bisa kerja di IKN.

Jangan jadikan masyarakat lokal sebagai penonton, kami ingin jadi pemain di tempat tinggal kami, bebernya.

Lebih lanjut dia mengatakan, program pelatihan-pelatihan yang pernah diadakan oleh pemerintah untuk masyarakat sepaku saat ini hasilnya belum terlihat optimal.

"Masih banyak juga masyarakat Sepaku yang punya sertifikat tapi susah cari kerja di IKN Nusantara, " ungkapnya.

Baca juga: Transformasi Ibu Kota Negara ke Kaltim dan Partisipasi Masyarakat IKN Nusantara

Progres pembangunan IKN Nusantara terkini. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Ricky P Gozali optimis konsep Pemindahan Ibu Kota Negara baru guna meningkatkan pemerataan ekonomi dan pembangunan di Indonesia dapat terwujud, sebagai kota yang smart, green, beautiful, sustainable, dan berwawasan lingkungan juga bisa berjalan sesuai rencana.
Progres pembangunan IKN Nusantara terkini. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Ricky P Gozali optimis konsep Pemindahan Ibu Kota Negara baru guna meningkatkan pemerataan ekonomi dan pembangunan di Indonesia dapat terwujud, sebagai kota yang smart, green, beautiful, sustainable, dan berwawasan lingkungan juga bisa berjalan sesuai rencana. (TRIBUNKALTARA.COM / DWI ARDIANTO)

Dia berharap kedepan akan ada program lanjutan untuk peningkatan kualitas SDM supaya masyarakat disini dapat berkembang ditengah pembangunan IKN, tutupnya.

Penulis : Rosman

Sumber: Tribun Kaltara
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved