Breaking News:

Berita Malinau Terkini

60 Ormas Terdata di Malinau, Kesbangpol Minta Sejumlah Ormas Segera Urus Perpanjangan Izin

Ormas di Kabupaten Malinau yang belum memperpanjang Surat Keterangan Terdaftar (SKT) agar segera mengurus perpanjangan izin.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Pernyataan Sikap Organisasi Kemasyarakatan se-Kabupaten Malinau yang digelar di Ruabg Laga Feratu, Kantor Bupati Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (4/2/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Organisasi kemasyarakatan ( Ormas ) di Kabupaten Malinau yang belum memperpanjang Surat Keterangan Terdaftar (SKT) agar segera mengurus perpanjangan izin.

Dari jumlah 60 Ormas yang terdata di Kabupaten Malinau, hanya 21 Ormas yang dinyatakan aktif.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Malinau ( Kesbangpol Malinau ), Emang Mering.

Sosialisasi Pelarangan Aktivitas FPI, Bupati Nunukan Asmin Laura Ingatkan Warga Waspada Provokasi

Maksimalkan Pelayanan, BPJamsostek Bulungan Layani Antar Jemput Klaim Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Warga Desa Malinau Hulu Kembangkan Mesin Pertanian Sederhana, Begini Tanggapan P3MD Malinau

"Kalau yang terdaftar, ada sekitar 60 Ormas di Kabupaten Malinau, tapi yang dinyatakan aktif itu ada 21," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Kamis (4/2/2021).

Emang Mering mengatakan terkait lembaga adat di Kabupaten Malinau, hampir di setiap masyarakat adat memiliki lembaga adat.

Dia mengatakan, keberadaan lembaga adat berbeda dengan Ormas yang dibentuk. Pembentukan lembaga adat lahir dengan sendirinya.

"Berbeda dengan lembaga adat yang keberadannya melekat dengan masyarakat. Terbentuk dengan sendirinya, sebagai penjaga norma dan nilai masyarakat adat," katanya.

Bagi Ormas di Malinau yang belum memperpanjang izin, Emang Mering meminta untuk segera mengurus perpanjangan izin di Kantor Kesbangpol Malinau.

Hal tersebut penting untuk melegalisasi kegiatan-kegiatan yang diadakan Ormas di Kabupaten Malinau.

"Pentingnya memperpanjang izin Ormas untuk legalitas kegiatan. Kalau terjadi sesuatu, Kesbangpol akan ditanya legal atau tidak Ormasnya," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved