Berita Malinau Terkini

Curhat Guru di Malinau Terkait Metode Belajar Dari Rumah: Kadang Harus Diulang Beberapa Kali

Curhat Guru di Malinau terkait metode belajar dari rumah: kadang harus diulang beberapa kali.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Guru sekaligus Wali Kelas di SDN 011 Malinau Kota, I Nyoman Wigunaya saat ditemui di SDN 011 Malinau Kota Teluk Sanggan, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (31/3/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Curhat Guru di Malinau terkait metode belajar dari rumah: kadang harus diulang beberapa kali.

Pembelajaran jarak jauh atau PJJ memiliki sejumlah kendala jika dibandingkan dengan pola pembelajaran tatap muka ( PTM ) di sekolah.

Guru SDN 011 Malinau Kota, I Nyoman Wigunaya mengatakan, dalam penerapannya, PJJ memiliki sejumlah kelemahan.

Pengajar yang juga merupakan wali kelas tersebut menyampaikan, satu dari sekian mata pelajaran yang sulit disampaikan melalui pola pembelajaran daring.

"Menurut saya yang paling sulit, mata pelajaran Matematika. Karena, ada peragaannya, menerangkan pelajaran ini cukup sulit dimengerti siswa selama belajar online," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Rabu (31/3/2021).

Dibandingkan PTM, belajar daring memiliki sejumlah hambatan, di antaranya peserta didik sulit untuk berkonsentrasi terhadap mata pelajaran.

Siswa mudah teralihkan dengan hal-hal lain, contohnya kendala teknis dan perhatian peserta didik terhadap mata pelajaran yang disampaikan.

Demikian halnya, dari aspek pengajar, materi pelajaran yang disampaikan sulit diserap karena medium penyampaiannya terbatas.

Baca juga: Rawan Penularan Covid-19, SDN 011 Malinau Kota Masih Belajar Daring, 15 Guru Divaksin Hari Ini

Baca juga: Jelang Belajar Tatap Muka di Malinau, Tahap Awal Vaksinasi Covid-19 untuk Guru di Wilayah Perkotaan

Baca juga: Diterjang Pandemi Covid-19, Angka Pengangguran di Malinau Meningkat, Daya Beli Masyarakat Menurun

"Karena sarananya terbatas, jadi penyampaiannya juga terbatas. Kadang harus diulang beberapa kali, karena ada kendala teknis," katanya.

Pemerintah RI telah menyiapkan pembelajaran tatap muka untuk seluruh satuan pendidikan di Indonesia berdasarkan SKB 4 Menteri yang disepakati kemarin, Selasa (30/3/2021).

I Nyoman Wigunaya yang juga merupakan Ketua Persatuan Hindu Dharma (PHDI) Kabupaten Malinau mengatakan dia optimis pemberlakuan PTM juga diterapkan di satuan pendidikan di Malinau.

Sebabnya, pada tahun lalu, sekolah-sekolah di Malinau pernah menggelar PTM sewaktu masih dinyatakan sebagai zona hijau.

Menurutnya peserta didik telah terbiasa mengikuti aturan belajar tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Saat ini kita masih BDR, jika nantinya akan diterapkan PTM sekolah dan murid juga sudah siap. Karena kita pernah zona hijau, dan siswa-siswi sudah terbiasa mematuhi protokol kesehatan Covid-19," ungkapnya.

Guru di SDN 011 Malinau Kota disuntik vaksin Covid-19 guna persiapan pembelajaran tatap muka yang dijadwalkan pada bulan Juli 2021 di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (31/3/2021).
(TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI)
Guru di SDN 011 Malinau Kota disuntik vaksin Covid-19 guna persiapan pembelajaran tatap muka yang dijadwalkan pada bulan Juli 2021 di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (31/3/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI) (TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved