Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Diperbolehkan Salat Tarawih Berjamaah di Masjid, Ketua MUI Malinau Edy Marwan Sebut Ada Syaratnya

Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Malinau, hari ini menetapkan pelaksanaan ibadah Salat Tarawih berjamaah di masjid dibolehkan

TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Malinau, Edy Marwan saat ditemui di Gedung Pertemuan Keagamaan Kementerian Agama Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (8/4/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Malinau, hari ini menetapkan pelaksanaan ibadah Salat Tarawih berjamaah di masjid dibolehkan selama Ramadan 2021 di Malinau.

Hal tersebut disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Malinau, H. Edy Marwan.

Edy Marwan menyampaikan, umat Islam di Kabupaten Malinau dapat menjalankan ibadah berjamaah selama bulan Ramadan di masjid.

Baca juga: Menuju PTM, 49 Sekolah di Tarakan Lakukan Simulasi, Endah: Setelah Simulasi, Guru Divaksin

"Sesuai keputusan pemerintah RI, dibolehkan pelaksanaan salat Tarawih berjamaah di masjid. Di Malinau juga demikian, tapi syaratnya Prokes harus ditaati," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Kamis (8/4/2021).

Terkait teknis penyelenggaraan Salat Tarawih berjamaah diserahkan kepada Takmir atau pengurus masjid di masing-masing wilayah.

Secara garis besar, persyaratan teknis penyelenggaraan Salat Tarawih berjamaah dan ibadah lainnya di Kabupaten Malinau berpedoman pada surat edaran Menteri Agama RI.

Berdasarkan SE Menteri Agama RI 3/2021 tentang pedoman ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 hijriah, ibadah selama Ramadan dan Idul Fitri 2021 jumlah jamaah dibatasi 50 persen dari kapasitasnya.

Baca juga: Kementerian Agama Malinau Tetapkan Zakat Fitrah Rp 35 Ribu Perjiwa, Disesuaikan Harga Bahan Pokok

"Ceramah, kultum atau tausiyah dilaksanakan paling lama 15 menit, antara jamaah dan saf diatur berjarak, menyiapkan hand sanitizer dan wajib memakai masker," katanya.

Juga disampaikan kepada pengurus masjid untuk mengawal pelaksanaan ibadah secara berjamaah di masjid masing-masing.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Tana Tidung Kamis 8 April 2021, 4 Wilayah Bakal Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir

Terkait kegiatan buka puasa bersama, hal tersebut juga boleh dilakukan. Pengurus atau takmir masjid diminta menyesuaikan dengan kapasitas masjid.

"Hakikatnya, ini adalah bulan suci bagi umat Islam. Pelaksanaan ibadah di bulan penuh berkah ini seyogianya disambut meriah, namun tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19," ungkapnya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Penulis: Mohamad Supri
Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved