Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Larangan Mudik, Penumpang di Pelabuhan Speedboat Malinau Sepi, Pengiriman Logistik Padat 

Siang ini, Pelabuhan Speed Boat Malinau tampak sepi dari aktivitas penyeberangan penumpang, Sabtu (8/5/2021).

TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Suasana di Pelabuhan Speed Boat Malinau Kota tampak disibukkan aktivitas bongkar muat barang, di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (8/5/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Siang ini, Pelabuhan Speedboat Malinau tampak sepi dari aktivitas penyeberangan penumpang, Sabtu (8/5/2021).

Sejak pagi tadi, pantauan TribunKaltara.com, pelabuhan tampak disibukkan aktivitas bongkar muat barang. Sebagian besar barang tersebut berasal dari Kota Tarakan.

Baca juga: Perda Zakat Disahkan, Tahun 2022 Bayar Zakat di UPZ dan Lembaga yang Ditunjuk Resmi

Seorang pengguna jasa transportasi air, Rusdi mengatakan berbeda pada hari-hari biasa, aktivitas pengiriman barang jelang lebaran lebih padat.

"Kalau kami yang pedagang, memang rutin kirim-terima barang dari Tarakan, aktivitas rutinlah tiap hari. Ini dekat lebaran jadi logistik dari sana (Tarakan) padat," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Sabtu (8/5/2021).

Berdasarkan SE Satgas Penanganan Covid-19 RI 13/2021, pihak dikecualikan dalam edaran tersebut meliputi kepentingan logistik dan pelaku perjalanan dengan keperluan nonmudik.

Rusdi mengatakan, sejak hari pertama pemberlakuan peniadaan mudik, 6 Mei 2021 lalu, aktivitas di pelabuhan sepi dari calon penumpang.

"Kalau kemarin, pas hari pertama, saya liat ramai. Tapi sekarang jauh berkurang. Rata-rata cuma orang mau ngirim barang ke Tarakan," katanya.

Hal yang sama diungkapkan Pengusaha speed boat di pelabuhan Malinau Kota, H Ipong. Menurutnya, menurunnya jumlah penumpang diakibatkan edaran pemerintah terkait peniadaan mudik.

Baca juga: Perketat Pengawasan di Empat Posko Terpadu, Dandim 0907 Tarakan Ajak Masyarakat Jangan Mudik 

"Pelabuhan sepi penumpang karena ada edaran itu. Untuk sekarang rata-rata pengiriman logistik paling banyak," katanya.

Dia mengharapkan aturan terkait peniadaan mudik tersebut disosialisasikan dengan baik. Agar tidak menimbulakan tafsir yang berbeda.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Malinau Sabtu 8 Mei 2021, Waspada! Hujan Petir di 4 Wilayah Ini pada Malam Hari 

Sementara ini, suasana di Pelabuhan Speed Boat Malinau Kota masih disibukkan dengan kegiatan bongkar-muat barang.

Berdekatan lobi terminal, tampak sejumlah personel gabungan, Satpol-PP, Damkar, Dishub dan TNI/Polri berjaga di Pos pelayanan Pelabuhan Malinau Kota.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Penulis: Mohamad Supri
Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved