Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

PPDB 2021 SMPN 7 Tarakan Terima 224 Siswa, Buka Empat Jalur, Berikut  Jadwal dan Persyaratannya

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP dimulai 21 Juni 2021 mendatang. Sejumlah sekolah di Tarakan mulai mempersiapkan diri.

Penulis: Andi Pausiah
Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Tampak pengumuman jadwal PPDB yang sudah ditempelkan pihak SMPN 7 Tarakan 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP dimulai 21 Juni 2021 mendatang. Sejumlah sekolah di Tarakan mulai mempersiapkan diri.

Seperti yang terlihat di SMPN 7 Tarakan. Di sekolah ini ada empat jalur yang disiapkan. Di antaranya, jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi dan jalur perpindahan tugas orang tua atau wali.

Dibeberkan Nur Kholis Marjuni, Ketua Tim PPDB SMPN 7 Tarakan, pendaftaran dibuka 21 Juni 2021 mendatang dan dibuka pukul 08.00 WITA sampai pukul 12.00 WITA.

Baca juga: Disdikbud Tarakan Siapkan 4 Jalur Zonasi PPDB Tingkat SMP, Berikut Daftar 14 Sekolahnya

Baca juga: Buka 4 Jalur, Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Nunukan Muhammad Iwan Beber Kendala Jalur Pendaftaran Zonasi

Lebih lanjut ia menjelaskan rincian jalur zonasi untuk SMP Negeri 7 Tarakan di antaranya Kelurahan Pamusian, Karang Anyar, Sebengkok, Kelurahan Kampung 1 Skip, dan Kelurahan Karang Balik.

Untuk jalur afirmasi, yang tidak mampu bisa menunjukkan kartu PKH, KIP dan BPNT. Kemudian bagi keluarga terdampak bencana alam, wajib menunjukkan surat keterangan dari BPBD.

"Ada juga untuk penyandang disabilitas, disarankan mendaftar ke SLB," ujar Nur Kholis.

Baca juga: Daftar Jalur Zonasi SMAN Malinau, Persyaratan Domisili Diterbitkan Minimal Setahun Sebelum PPDB 2021

Lebih lanjut ia membeberkan untuk jalur perpindahan orang tua, syaratnya yakni memfotokopi dan menunjukkan surat penugasan perpindahan orang tua atau wali dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang mempekerjakan. Jalur ini juga kata Nur Kholis bisa digunakan untuk anak guru.

Lebih jauh menyoal jalur prestasi akademik, untuk jalur prestasi akademik nilai raport, calon sisa melampirkan fotokopi sertifikat peringkat 1,2 dan 3 tahun 2021 yang sudah dilegalisir.

Aktivitas di salah satu SMP negeri di Tarakan dalam mempersiapan PPDB 2021.
Aktivitas di salah satu SMP negeri di Tarakan dalam mempersiapan PPDB 2021. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Lalu, jalur prestasi bidang akademik maupun non akademik perlombaan, calon siswa melampirkan fotokopi sertifikat kejuaraan yang dilegalisir dan menunjukkan sertifikat asli.

"Untuk prestasi, hasil perlombaan yang diperoleh merupakan hasil penghargaan tiga tahun terakhir dari Januari 2018 sampai Januari 2021. Prestasi yang diperoleh akan dikonversi menjadi skor," bebernya.

Baca juga: PPDB Oniline di SMKN 2 Tajung Selor Berjalan Lancar, Buka Tiga Jalur 

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved