Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Masjid Agung Al-Mujahidin Nunukan akan Menyembelih 8 Ekor Sapi Kurban, Dibagikan ke 1.000 Mustahik

Sampai saat ini Masjid Agung Al-Mujahidin Nunukan sudah memiliki 8 ekor sapi kurban yang akan dibagikan kepada 1.000 mustahik di Nunukan.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
Masjid Agung Al-Mujahidin Nunukan akan Menyembelih 8 Ekor Sapi Kurban, Dibagikan ke 1.000 Mustahik
TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS
Masjid Agung Al-Mujahidin Nunukan, Jalan Pasar Baru, Minggu (18/07/2021).

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Sampai saat ini Masjid Agung Al-Mujahidin Nunukan sudah memiliki 8 ekor sapi kurban yang akan dibagikan kepada 1.000 mustahik di Nunukan.

Wakil Ketua (Waketu) Pengurus Masjid Agung Al-Mujahidin Nunukan, Kadri Silawane mengatakan, dari 8 ekor sapi kurban itu, 6 ekor diantaranya disumbangkan oleh warga. Sedangkan 2 ekor sapi lagi berasal dari bantuan Presiden RI dan Gubernur Kalimantan Utara.

"Tahun ini sapi kurban yang sudah disumbangkan oleh warga ada 6 ekor. Dari Presiden RI dan Gubernur Kaltara ada 2 ekor, jadi total 8 ekor. Lalu mustahik (penerima daging kurban) kami rencanakan 1.000 orang," kata Kadri Silawane kepada TribunKaltara.com, Minggu (18/07/2021), sore.

Baca juga: Masjid Agung Al-Mujahidin Nunukan, Dapat Sapi Kurban Seberat 1,1 Ton dari Presiden Jokowi 

Menurut Kadri, data 1.000 mustahik itu terus diperbaharui tiap tahunnya dengan bantuan ketua RT di masing-masing wilayah.

Dia mengaku, tiap mustahik akan mendapatkan jatah daging sapi kurban sebanyak 2 Kg. Bahkan, kata Kadri mustahik yang akan mendapatkan daging sapi kurban, tidak hanya di sekitar masjid saja.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Peternak Hewan Kurban Akui Pembelian Sapi Menurun, Mayoritas Hanya di Tarakan

"Karena namanya Masjid Agung jadi tidak hanya untuk warga sekitar masjid saja. Kami akan sebarkan kepada mustahik lainnya bahkan sampai ke Sei Bilal. Intinya yang berhak menerima seperti fakir miskin, yatim piatu, panti jompo, dan janda," ucapnya.

Tak hanya umat muslim, Kadri menuturkan warga non muslim di sekitar Masjid Agung Al-Mujahidin juga akan mendapatkan daging sapi kurban itu.

Dari kanan tampak sapi berukuran besar, warna cokelat, merupakan bantuan sapi kurban dari Presiden RI. Sedangkan, ukuran sedang (kiri) merupakan bantuan sapi kurban dari Gubernur Kalimantan Utara, di Masjid Agung Al-Mujahidin Nunukan, Jalan Pasar Baru, Minggu (18/07/2021)
Dari kanan tampak sapi berukuran besar, warna cokelat, merupakan bantuan sapi kurban dari Presiden RI. Sedangkan, ukuran sedang (kiri) merupakan bantuan sapi kurban dari Gubernur Kalimantan Utara, di Masjid Agung Al-Mujahidin Nunukan, Jalan Pasar Baru, Minggu (18/07/2021) (TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS)

"Warga non muslim yang kurang mampu, dan tinggalnya di sekitar Masjid Agung juga akan kami berikan daging sapi kurban. Data non muslim sekira 20-an orang," ujarnya.

Kadri menjelaskan, salad Id di Masjid Agung Al-Mujahidin akan dimulai pada pukul 07.15 Wita. Diperkirakan akan selesai pada pukul 08.00 Wita.

Baca juga: Idul Adha di Kabupaten Malinau, Panitia akan Bagikan Langsung Daging Hewan Kurban ke Penerima

"Jadi begitu selesai salat Id, umat diminta untuk langsung kembali ke rumah masing-masing. Agar tidak ada potensi kerumunan. Insyaallah daging kurban akan dibagikan ke semua mustahik yang datanya sudah ada pada panitia kurban," tuturnya.

Dia berharap melalui hari raya Idul Adha ini, pandemi Covid-19 segera berakhir.

Sehingga, aktivitas warga kembali normal dan geliat ekonomi di Nunukan kembali membaik.

Baca juga: Idul Adha Jatuh pada 20 Juli 2021, Berikut Panduan Lengkap Salat Id dan Kurban saat PPKM Darurat

"Semoga semangat kurban dari masyarakat Nunukan tetap barapi-api. Kita berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berakhir. Dengan begitu ekonomi di Nunukan juga ikut membaik," ungkapnya.

(*)

Penulis: Febrianus felis

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved