Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Ditemukan Ada Indikasi Pemalsuan Surat Swab Antigen dan PCR, KSOP Minta KKP Buat Laporan Polisi

Jika ada ditemukan semisal pemalsuan surat hasil swab PCR,  pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan harus membuat laporan ke polisi.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Sumarsono
Tribun Kaltara
Kepala KSOP Kota Tarakan, M. Hermawan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Tarakan menggelar rapat koordinasi mengenai implementasi Surat Edaran Nomor 44 Tahun 2021 baik pada kegiatan debarkasi dan embarkasi di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan, Senin (19/7/2021).

Dalam rapat koordinasi tersebut, ada beberapa poin dibahas, salah satunya dugaan pemalsuan surat keterangan hasil kesehatan baik menggunakan swab PCR maupun swab antigen.

Kepala KSOP Kota Tarakan, M Hermawan mengungkapkan, jika ada ditemukan indikasi adanya pemalsuan hasil swab antigen dan RT PCR itu ulah oknum penumpang.

Baca juga: Satgas Covid-19 Kaltara Belum Wajibkan Test PCR Untuk Syarat Perjalanan, Hanya Tes Swab Antigen

“Itu oknum yang melakukan perjalanan.  Tapi kalau dari pihak kami kan tidak ada karena memang sudah kami bicarakan di dalam, itu hanya oknum orangnya saja,” beber Hermawan.

Ia melanjutkan, jika ada ditemukan semisal pemalsuan,  pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan harus membuat laporan ke kepolisian.

“Tadi dalam pembahasan itu oknum. Disampaikan perbuatannya oleh Ketua KKP. Dibahas masalah validasi datanya.   Kalau untuk tindaklanjutnya harus  diperketat dan dari KKP saya suruh buat laporan ke kepolisian,”  tegasnya.

Baca juga: Kemenkes Keluarkan Rekomendasi Faskes Tes Rapid Antigen dan PCR, Berikut Lokasi di Bulungan

Kegiatan rakor dilaksanakan di ruang Trisula Lantai II KSOP Kota Tarakan.

Dibeberkan Hermawan, dalam SE tersebut KSOP harus berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta perangkat daerah terkait aplikasi pelaksanaan orang dari daerah.

Tujuannya agar perpindahan orang melalui transportasi laut bisa diawasi dan diatur sesuai dengan SE yang ditentukan.

Dalam hal ini Hermawan  mengatakan, hasil pertemuan tersebut, hasil koordinasi antarinstasi, tak ada kesulitan secara umum yang ditemukan.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Tarakan Naik, Pelaku Perjalanan Diimbau Isolasi Mandiri dan Swab PCR atau Antigen

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved