Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Kunjungi Perbatasan, Ketua DPRD Kaltara Norhayati Sebut Masyarakat Apau Kayan Butuh Bantuan Oksigen

Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris mengatakan masyarakat yang tinggal di wilayah Apau Kayan Malinau membutuhkan layanan kesehatan, khususnya oksigen.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Sumarsono
DOK PRIBADI
Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris saat mengunjungi Apau Kayan tepatnya di RS Pratama, Long Ampung, Malinau (Dok. Pribadi Norhayati Andris) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris mengatakan masyarakat yang tinggal di wilayah Apau Kayan Malinau membutuhkan layanan kesehatan, khususnya oksigen.

Hal itu dikemukakan Norhayati usai dirinya mengunjungi wilayah perbatasan Indonesa-Malaysia, sekaligus  didapuk menjadi Inspektur Upacara HUT ke-76 RI di wilayah tersebut pada Selasa (17/8,2021) lalu.

Salah satu layanan kesehatan yang dibutuhkan ialah ketersediaan oksigen bagi masyarakat yang tengah menjalani isolasi perawatan Covid-19 di Rumah Sakit Pratama.

"Saya hadir di RS Pratama, dan ada 4 Orang yang diisolasi. Mereka sangat membutuhkan oksigen," kata Norhayati Andris, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: Cerita Menarik Norhayati Andris, Jadi Irup di HUT ke-76 RI di Apau Kayan Perbatasan Indonesia

Menurutnya, pasokan oksigen untuk wilayah Apau Kayan berasal dari Samarinda, dimana lokasi tersebut terpaut cukup jauh apabila harus melintasi jalur darat.

Tak hanya jauh dan memakan waktu lama, biaya yang dibutuhkan juga cukup besar bila harus melewati jalur darat.

"Karena yang kita lihat secara langsung masyarakat di Apau Kayan sangat membutuhkan oksigen, mereka cukup jauh untuk mengambil oksigen itu," katanya.

Baca juga: Update Covid-19 di Apau Kayan, 19 Karyawan PLBN Terpapar Virus Corona, 3 Dirawat di RSP Long Ampung

"Kalau melalui jalur darat itu bisa berhari-hari dari Apau Kayan lewat Mahakam Ulu dan menuju Samarinda, karena jalan yang tembus hanya melalui itu saja," tambahnya.

Lebih lanjut, di tengah perayaan Kemerdekaan RI sekaligus masa pandemi Covid-19, Norhayati mengatakan masyarakat perbatasan sangat berharap akan adanya pemerataan pembangunan, khususnya bidang pelayanan kesehatan.

Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris saat menjalani tugas sebagai Irup di Upacara HUT ke-76 RI di Apau Kayan, Malinau, Selasa (17/8/2021) lalu
Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris saat menjalani tugas sebagai Irup di Upacara HUT ke-76 RI di Apau Kayan, Malinau, Selasa (17/8/2021) lalu (TRIBUNKALTARA.COM/ Dok Pribadi Norhayati Andris)

"Tak hanya di Apau Kayan, tapi juga wilayah perbatasan lainnya dan wilayah pedalaman, itu juga perlu mendapatkan perhatian dan dukungan," katanya.

"Tentunya masyarakat berharap pemerataan pembangunan dan pemerataan pelayanan kesehatan seperti masyarakat lainnya.

Tapi yang paling utama pelayanan kesehatan, ini yang perlu kita dorong agar pemerintah bisa memaksimalkan RS Pratama dan Puskemas," tuturnya.

Berita Kaltara Terkini

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved