Breaking News:

OPINI

Groundbreaking IKN 'Sepakunegara', Langkah Menuju Indonesia Maju dan Berkeadilan

PENETAPAN Ibu Kota Negara (IKN) di 'Sepakunegara' merupakan kebijakan inovatif Pemerintahan Joko Widodo, karena merupakan kebijakan sangat strategis.

Editor: Sumarsono
ISTIMEWA
Tangkapan layar gambar desain burung garuda untuk Istana Negara baru di Kalimantan Timur karya dari Nyoman Nuarta. (Istimewa) 

Oleh: Dr Isradi Zainal

Rektor Uniba, Ketua PII Kaltim, Sekjen FDTI_Forum Rektor PII

TRIIBUNKALTARA.COM - PENETAPAN Ibu Kota Negara (IKN) di 'Sepakunegara' (Sekitar Penajam Paser Ktara- Kutai kertanegara) atau 'Pakunegara' (Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara) merupakan kebijakan inovatif Pemerintahan Joko Widodo, karena merupakan kebijakan sangat strategis untuk Indonesia tumbuh, tangguh, Adil dan Makmur.

Kebijakan penetapan IKN baru di 'Sepakunegara' ini merupakan hasil kajian yang dalam selama bertahun tahun dengan melibatkan sejumlah pakar, praktisi , akademisi, asosiasi, tokoh masyarakat, dan lain-lain.

Pada 16 Agustus 2019 Presiden Jokowi di hadapan anggota DPR dan DPD RI meminta izin untuk memindahkan pusat pemerintahan IKN dari Jakarta ke Kaltim, tepatnya ke sebagian Penajam Paser Uutara dan Kutai Kaertanegara (Sepakunegara).

Dr, Isradi Zaenal, Rektor Universitas Balikpapan
Dr, Isradi Zaenal, Rektor Universitas Balikpapan (IST)

Baca juga: Bulungan jadi Wilayah Penyangga Pangan untuk IKN di Kaltim, Dinas Pertanian Beber Komoditas Utamanya

Pada saat menyampaikan pidatonya setidaknya ada lima kata kunci yang disampaikan Presiden sebagai alasan memindahkan IKN yakni:

·  Identitas bangsa

·  Representasi kemajuan bangsa

·  Keadilan ekonomi

·  Indonesia maju, dan

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved