Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Listrik Padam di Tanjung Selor, Begini Penjelasan Kepala Manajer PT PLN UP 3 Kaltara Suparje

Kepala Manajer PT PLN UP 3 Kaltara Suparje mengaku, akibat listrik padam beberapa waktu lalu di Tanjung Selor, karena daya beban listrik capai 15 MW.

TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kepala Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kalimantan Utata Suparje Wardiyono, S.T, M.Sc, IPM tengah) bersama (kiri) Agus Sholeh Manager Bagian Jaringan dan Konstruksi, (Kanan) Nursalim Sebagai Manager Bagian Pembangkit 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR-Kepala Manajer PT PLN UP 3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Kalimantan Utara  Suparje Wardiyono mengungkapkan bahwa akibat listrik padam beberapa waktu lalu di Tanjung Selor, karena daya beban listrik sudah mencapai 15 Mega Watt (MW).

"Beban puncak kita berada di 15 MW ya, waktunya itu pukul 17.00 - 22.00, itu beban puncak tertinggi 15 MW," ungkapnya kepada TribunKaltara.com.

"Daya mampu disini, di sistem Tanjung Selor ini, itu di Daya Mampu Netto itu 26 Mega Watt, dan yang 18 Mega Watt itu ada PLTU SAS" tambahnya.

Baca juga: Diskon Listrik PLN Diperpanjang hingga Desember 2021, Simak Rincian Besaran Diskonnya

Lebih lanjut, untuk memenuhi daya listrik di Tanjung Selor, PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Sekayan milik PT. Sumber Alam Sekurau (SAS) sementara ini hanya bisa sampai 18 mega watt.

Suparje Wardiyino, sempat berbisik, bulan depan PLTU SAS, bisa beroperasi dengan baik, karena saat ini Pembangkit Listrik Tenaga Uap tersebut sedang perbaikan.

Baca juga: Diduga Korsleting Listrik, Ruangan Keuangan RSUD Nunukan Terbakar, PMK Amankan Dokumen Rumah Sakit

"18 itu dikurangi, ada PLTU SAS, itu 14 itu, dari SAS, ini 1 bulan ini, lagi pemeliharaan, jadi daya mampu pasoknya tinggal, 18, jadi research marginnya saat ini 3 mega," ucapnya Jumat (10/9/2021).

Sementara itu, Suparje Wardiyono juga memaparkan rumus hitungan daya mampu listrik PLTU SAS kepada TribunKaltara.com saat ini adalah pada angka 11 Mega Watt.

Layanan Listrik Lebih Mudah Gunakan Mobile PLN
Layanan Listrik Lebih Mudah Gunakan Mobile PLN (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

"Tapi ini karena PLTU-nya, lagi pemeliharaan, jadi cadangannya tinggal 3 mega, 18, kan beban punya-nya 15, (beban daya listrik di Tanjung Selor), jadi beban reserve-nya tinggal 3 mega," tegasnya.

Suparje Wardiyono, juga menjelaskan kepada TribunKaltara.com, saat ini di Tanjung Selor memiliki 2 pemasuk, pendukung daya listrik, yaitu Pembangkit Header (bagian transisi antara pipa permukaan pemanas dan pipa uap) yaitu :

Baca juga: Soal Pemadaman Listrik Bergilir di Tana Tidung, PLN UP3 Kaltara Janji Maksimalkan Mesin di Tana Lia

- PLMTG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas) di Jalan A.Yani, Gn. Seriang Tj. Selor Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, dengan daya 16 mega watt.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved