Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Perbaikan Jalur SKKL Masih Dilakukan,Telkom Tegaskan Tak Ada Pemutusan Jaringan 24-30 September 2021

Jaringan internet berangsur normal. Namun Perbaikan Jalur SKKL Jasuka Masih Dilakukan, Telkom Tegaskan Tak Ada Pemutusan Jaringan 24-30 September.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
GM Telkom Kaltara, Rizal Fahmi saat diwawancarai media dalam kegiatan Ngobras Bersama GM Telkom Kaltara. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Jaringan internet berangsur kembali normal pasca mengalami gangguan sejak 19 September 2021 lalu.

Dikatakan Rizal Fahmi, General Manager (GM) Telkom Kaltara, saat ini gangguan yang terjadi pada Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan (Jasuka) yang terjadi sekitar 1,5 kilometer dari lepas Pantai Batam dengan kedalaman 20 meter dari bawah permukaan laut, masih dalam proses perbaikan dan penyambungan.

Untuk memenuhi kebutuhan customer, lanjut Rizal Fahmi, pihak Telkom dengan maksimal melakukan reroute traffic internet maupun UseeTV. Reroute ini didukung dengan penambahan gateway bekerja sama dengan mitra Telkom.

Baca juga: Sudah Hubungi Telkom, Pengawas SKD CPNS Kaltara Suryaningsih Sebut Jaringan Internet Mulai Lancar

“Sehingga penambahan gateway dari Jakarta ke Surabaya maupun Jakarta ke Jatinegara, memperlancar traffic internet untuk Kalimantan sehingga hampir mendekati titik layanan seperti semula,” bebernya dalam kegiatan Ngobrol Santai (Ngobras) bersama GM Telkom Kaltara, Jumat (24/9/2021).

Pria yang baru lima hari menjabat sebagai GM Telkom Kaltara menggantikan GM sebelumnya yakni Kasirun mengungkapkan, layanan yang disediakan saat ini akan terus dimaksimal seperti dalam kondisi normal.

Namun lanjutnya, ini dirasakan sudah cukup memenuhi kebutuhan internet yang saat ini menjadi kebutuhan. Baik itu dalam kondisi karena bersamaan dengan momen pelaksanaan SKD CPNS maupun untuk belajar online dari rumah bagi pelajar.

Baca juga: Antisipasi Gangguan Jaringan Internet, Panitia Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kaltara Siapkan Ini

“Kita tetap menjaga traffic-traffic yang baru tidak down. Dengan kemampun yang telah disiapkan,” ujarnya.

Ia melanjutkan diprediksikan jalur SKKL Jasuka ini pulih kurang lebih sebulan. Karena memang untuk perbaikan itu tidak mudah apalagi lokasi berada di bawah laut.

Secara teknis kabel diangkat ke permukaan baru di atas dilakukan perbaikan. Dan pengangkatannya pun harus perlahan dan berhati-hati sesuai standar safety yang sudah ditetapkan.

Rizal Fahmi, GM Telkom Kaltara.
Rizal Fahmi, GM Telkom Kaltara. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Ia menambahkan, mengenai informasi sebelumnya beredar dan viral diduga karena ikan hiu menggigit kabel laut, itu tidak benar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved