Breaking News:

Manfaat Wortel

5 Rekomendasi Sayuran yang Berkhasiat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ada Wortel dan Brokoli

Senyawa fenolik seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic yang ada di dalam wortel diklaim dapat mengendurkan pembuluh darah.

Penulis: Titik Wahyuningsih | Editor: Amiruddin
Pixabay
Ilustrasi wortel, simak 8 manfaat wortel untuk ibu hamil 

TRIBUNKALTARA.COM – Berikut ini daftar sayuran yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya adalah wortel.

Melansir Emedicine Helath tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara total.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ada Wortel hingga Telur

Melainkan dikendalikan seumur hidup agar tetap terkontrol untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit serius seperti jantung, stroke, hingga gagal ginjal.

Selain menjalankan pola hidup sehat serta pengobatan secara medis, asupan makanan juga berpengaruh terhadap stabilitas tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Berikut ini daftar sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsusmi, mengingat khasiatnya yang dapat menurunkan tekanan darah, dikutip TribunKaltar dari Healthline:

1. Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan potasium dan pigmen karotenoid likopen.

Melansir dari Healthline, likopen ini secara signifikan memiliki manfaat untuk kesehatan hantung dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Merujuk pada 21 penelitian, rutin mengonsumsi tomat dari berbagai jenis dapat mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

2. Brokoli

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved