KPU Kaltara Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Segini Data Pemilih Kaltara

KPU Kaltara bersama instansi lain seperti Bawaslu Kaltara, Disdukcapil Kaltara, Polda Kaltara dan Korem 092 Maharajalila melaksanakan rapat koordinasi

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Pihak KPU Kaltara bersama instansi lain seperti Bawaslu Kaltara, Disdukcapil Kaltara, Polda Kaltara dan Korem 092 Maharajalila melaksanakan rapat koordinasi atau rakor pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (DPB).

Menurut Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami, pemutakhiran DPB dilakukan tiap bulan, adapun rakor bersama instansi lain dilakukan tiap enam bulan sekali.

"Sekarang program KPU RI ada pemutakhiran pemilihan data berkelanjutan yang kita lakukan tiap bulan," kata Suryanata Al-Islami, Kamis (6/1/2022).

Baca juga: Jangan Sampai Ada Data Siluman, Pemuktahiran Data Berkelanjutan Bakal Di-Update Tiap Bulan

"Dan KPU RI memang meminta kami melakukan rakor dengan stakeholder terkait seperti Disdukcapil, dan ini kami lakukan enam bulan sekali," sambungnya.

Suryanta menuturkan, salah satu pihak yang terlibat dalam rakor DPB kali ini ialah Disdikbud Kaltara, mengingat dibutuhkannya data siswa yang berpotensi memenuhi persyaratan sebagai pemilih di 2024 nanti.

Baca juga: Antisipasi Pemilu 2024, Disdukcapil Lakukan Perekaman Data Remaja, KPU Kaltara Sambut Baik

"Termasuk Disdikbud Kaltara yang boleh jadi ada data baru siswa-siswa yang memenuhi syarat masuk dalam data pemilih," ungkapnya.

Suryanata menyampaikan, dari hasil rekapitulasi DPB per Desember 2021, setidaknya terdapat 428.572 orang warga Kaltara yang memenuhi syarat sebagai pemilih. Ini terdiri dari laki-laki sebanyak 222.140 orang dan perempuan sebanyak 206.432 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Suryanata Al-Islami rapat eveluasi pilkada serentak 2020, di Gedung Hotel Grand Pangeran Khar Jl. Katamso Tanjung Selor Hilir Tanjung Selor Bulungan 
Ketua Komisi Pemilihan Umum Suryanata Al-Islami rapat eveluasi pilkada serentak 2020, di Gedung Hotel Grand Pangeran Khar Jl. Katamso Tanjung Selor Hilir Tanjung Selor Bulungan  (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

Dari angka tersebut, jumlah warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih di Tarakan tercatat sebagai yang terbesar se-Kaltara dengan 146.010 orang, disusul Nunukan sebanyak 117.413 orang, Bulungan sebanyak 98.550 orang, Malinau sebesar 50.057 orang dan terakhir Tana Tidung dengan 16.542 orang.

Dengan keterlibatan banyak pihak, KPU Kaltara berharap, semua pihak dapat lebih peduli terhadap data pemilih, sehingga nantinya setelah daftar pemilih tetap (DPT) ditetapkan, tidak ada lagi kegaduhan.

Baca juga: Jika Februari 2024 Pemilu Digelar, KPU Kaltara Sebut Agustus Tahun Depan Tahapan Sudah Dimulai

"Ini kerja-kerja bersama untuk memaksimalkan data pemilih, prinsipnya data pemilih dapat lebih bersih, lebih berkualitas, dan berintegritas," katanya.

"Karena kita mengantisipasi agar tidak ada kegaduhan lagi pasca penetapan DPT, sehingga kita proses pemutakhiran dilakukan sejak sekarang sehingga semua peduli," tuturnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved