Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Berjualan di Atas Trotoar SMK1 & Taman Tepian Sungai Kayan, 3 Lapak PKL Diamankan Satpol PP Bulungan

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bulungan melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan depan trotoar.

TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kepala Dinas Satpol PP Bulungan saat memberikan arahan kepada PKL di depan Pujasera Tanjung Selor Kamis (13/1/2022) 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bulungan melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan depan trotoar SMK 1 Tanjung Selor jalan Skip 1 dan Taman Tepian Sungai Kayan tepatnya jalan Jendral Soedirman, Kamis (13/1/2022) siang.

Sebelum penertibang PKL dilakukan, Satpol PP telah menurunkan 37 personelnya untuk melayangkan teguran kepada para pedagang untuk memindahkan barang dagangannya.

Namun sayangnya teguran tadi tidak diindahkan oleh pedagang bahkan terpantau tetap berjualan ditempat semula.

Baca juga: Cerita M Yainuri, Pelaku UMKM Sukses Sulap Lapak Sayur jadi Minimarket lewat Program KUR BRI

Dengan teguran yang tidak diindahkan ini, akhirnya personel Satpol PP mengangkut lapak para PKL tersebut dan dibawa ke Kantor Satpol PP Bulungan.

Kepala Satpol PP Bulungan Wilson Ului menegaskan bahwa penertiban difokuskan pedagang kelontongan yang berjualan diatas trotoar yang peruntukannya bagi pejalan kaki.

Baca juga: Tidak Ada Perlawanan dari Pedagang, Satpol PP Kota Samarinda Lakukan Penertiban Lapak PKL 

“Benar, anggota saya telah mengamankan lapak PKL yang berjualan di atas trotoar, dan kita beri surat peringatan dan himbauan kepada mereka," ungkapnya Kamis (13/1/2022).

Tak hanya itu, Wilson Ului penertiban tersebut bukan pertama kalinya dilaksanakan melainkan sudah sampai memberikan surat peringatan kepada PKL.

Kepala Dinas Satpol PP Bulungan saat memberikan arahan kepada PKL di depan Pujasera Tanjung Selor Kamis (13/1/2022)
Kepala Dinas Satpol PP Bulungan saat memberikan arahan kepada PKL di depan Pujasera Tanjung Selor Kamis (13/1/2022) (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

"Tindakan penertiban kami mengacu perda Bulungan Nomor 25 Tahun 2002, tentang ketertiban dan kebersihan lingkungan dengan meminta pedagang memundurkan barang dagangnya agar tidak jualan di bahu jalan atau trotoar," ujarnya.

Diketahui kegiatan operasi penertiban pedagang kaki lima (PKL) oleh Satpol PP Bulungan yaitu berlokasi jalan Sudirman, Katamso, Sabanar, Jelarai, Durian.

Baca juga: Sempat Terkendala Data, TNI dan Polri Ditarget Salurkan Bantuan Bagi 4.500 PKL & Warung di Tarakan

"Kita sudah berikan surat teguran dan panggil ke kantor, bila lanjut melakukan pelanggaran, maka kami akan sidak patroli mendadak dan angkat dagangan mereka," ujarnya.

(*)

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved