Opini

Islam dan Lingkungan Hidup

Manusia mesti memainkan peran startegisnya sebagai wakil khalifah di Bumi untuk memakmurkan dan menjaga keseimbangan alam dan lingkungan.

Editor: Amiruddin
HO/Sholihin Bone
Dosen Fakultas Hukum Universitas Mulawarman Samarinda, Sholihin Bone SH MH 

Oleh : Sholihin Bone SH, MH

Dosen Fakultas Hukum  Universitas Mulawarman Samarinda

TRIBUNKALTARA.COM - Salah satu aspek penting yang ditekankan dalam konsep islam adalah akhlak. Akhlak menjadi episentrum  gerak bagi muslim dalam bersikap.

Baik bersikap kepada Tuhan, Kepada sesama manusia dan juga kepada alam dan lingkungan. Tulisan sederhana ini, hendak mengelaborasi sedikit tentang urgensi berakhlak kepada lingkungan.

Membincangkan akhlak kepada lingkungan, menjadi penting untuk merefleksi kembali surat Arrum Ayat 41 yang termaktub di dalam Alqur’an.  

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar."

Ayat tersebut hendak menegaskan dan mengingatkan kepada manusia, bahwa menjaga alam, lingkungan hidup merupakan tugas manusia yang sangat penting.

Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi manusia, untuk mengelola lingkungan hidup secara arif dan bijaksana. 

Manusia sebagai khalifah di muka bumi mesti memainkan peran startegisnya sebagai wakil Tuhan untuk memakmurkan dan menjaga keseimbangan alam dan  lingkungannya.

Tuhan telah menciptakan alam dengan sangat tertata, rapi, indah yang diperuntukan untuk keseluruhan makhluk.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved