HUT Proklamasi

Bendera Merah Putih Sepanjang 17 Meter Ikut Dibentangkan saat Detik-detik Proklamasi di Tarakan

Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter dan lebar 8 meter ikut dibentangkan di detik-detik HUT Proklamasi 17 Agustus di Kota Tarakan oleh Komunitas OI.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI HUMAS PANITIA DAN KOMUNITAS
Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter dan lebar 8 meter dibentangkan saat detik-detik HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di wilayah Sebengkok, Kota Tarakan, Rabu (17/8/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Momen memperingati HUT ke-77 RI atau HUT Proklamasi juga dimeriahkan warga yang bermukim di Kelurahan Sebengkok, Kota Tarakan pada Hari Kemerdekaan, Rabu (17/8/2022) pagi tadi.

Kegiatan Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI dilaksanakan dan dirangkai dengan bentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter dan lebar 8 meter dilaksanakan Komunitas OI.

Ikut terlibat Karang Taruna Kelurahan Sebengkok, LPM dan KSM Kelurahan Sebengko, Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), di jalan protokol tak jauh dari Klinik Carsa Kota Tarakan.

“Jadi kami bersama warga di sana bersama Pak Lurah juga dan RT kelurahan tokoh agama dan masyarakat ikut memperingati detik-detik HUT Proklamasi 17 Agustus 2022, titiknya jalan tepat di simpangan KlinikCarsa,” ujar Che Ageng, salah seorang panitia dan perwakilan OI.

Baca juga: Kisah Paskibraka Tarakan Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih, Dua Minggu Latihan di Situasi Pandemi

Konsepnya sendiri adalah pembentangan Bendera Merah Putih dan saat dibentangkan bendera dipegang bersama seluruh unsur masyarakat termasuk dari organisasi kepemudaan dan organisasi kesukuan.

“Dari OI, Karang Taruna,RT, beberapa komunitas, Pemuda Makkassar, Komunitas Bugis Tarakan dan banyak lagi,” urai Che Ageng.

Ia melanjutkan, adapun pembentangan dilakukan tepat pukul 11.17 WITA, kemudian selanjutnya mendengarkan rekaman langsung pembacaan Teks Proklamasi oleh Presiden Soekarno.

Baca juga: 92 Anggota Pramuka Sebatik Ikut Bentangkan Bendera Merah Putih 10 Km di Perbatasan RI-Malaysia

“Jadi tadi pakai rekaman didengarkan menggunakan soundsystem. Semua mendengarkan suara Presiden Soekarno. Selanjutnya dilanjutkan dengan penghormatan Bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya,” beber Che Ageng.

Semua yang hadir wajib menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan selanjutnya berlanjut dengan pembacaan Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar dan pembacaan Teks Pancasila.

“Diikuti peserta upacara. Selanjutnya pembacaan sambutan dipimpian Inspektur Upacara Pak Lurah Sebengkok dan Komandan Upacara dipimpin Ketua Karang Taruna Sebengkok dan ditutup doa,” ujarnya.

Bendera sepanjang 17 meter dan lebar 8 meter saat dibentangkan di Detik-Detik Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, di wilayah Sebegkok Kota Tarakan, Rabu (17/8/2022).
Bendera sepanjang 17 meter dan lebar 8 meter saat dibentangkan di Detik-Detik Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, di wilayah Sebegkok Kota Tarakan, Rabu (17/8/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI HUMAS PANITIA DAN KOMUNITAS)

Ia melanjutkan, antusias masyarakat cukup tinggi menyaksikan langsung pembentangan Bendera Merah Putih di area Sebengkok.

“Ada ratusan warga menyaksikan dan ikut memberikan penghormatan juga,” cetusnya.

Kegiatan ini bisa dikatakan Che Ageng adalah perdana dan baru apalagi untuk wilayah Sebengkok.

Bahkan sejumlah warga ikut keluar rumah menyaksikan langsung dengan khidmat prosesi yang berlangsung sederhana dan singkat itu.

Baca juga: Bentang 10 Km Bendera Merah Putih di Batas Perairan RI-Malaysia, Ratusan Perahu Nelayan Dilibatkan

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved