Breaking News:

Bulungan Memilih

Verifikasi Administrasi Pemilu 2024, KPU Bulungan Temukan 819 Ganda Eksternal di Keanggotaan Parpol

Verifikasi administrasi Pemilu 2024, KPU Bulungan menemukan 819 ganda eksternal di kepengurusan dan keanggotaan partai politik atau parpol.

TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Ketua KPU Kabupaten Bulungan, Lili Suryani mengungkapkan hasil verifikasi administrasi partai politik calon peserta Pemilu 2024. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - KPU Kabupaten Bulungan mencatat sedikitnya ada 819 ganda eksternal dalam parpol yang mengikuti tahapan verifikasi administrasi Pemilu 2024.

Ganda eksternal ialah ketika nama dari pengurus atau anggota suatu parpol juga tercatat menjadi pengurus ataupun anggota di parpol lainnya.

Hal itu diungkapkan Anggota KPU Bulungan, Mahdi E Paokuma, usai rapat koordinasi bersama pimpinan parpol tingkat Kabuapten Bulungan di Kantor KPU Bulungan, Rabu (31/8/2022).

"Data sementara ini ada 819 ganda eksternal proses ini masih berlangsung sampai tanggal 3 September nanti," kata Mahdi E Paokuma.

Baca juga: Wacana Penyesuaian Harga BBM, Pemkab Bulungan Upayakan Harga Disesuaikan dan Suplai Bisa Terpenuhi

Menurut Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani, ganda eksternal tercatat di hampir semua parpol yang ada di Bulungan.

Bahkan Ia menjelaskan, ada satu nama atau satu nomor induk kependudukan (NIK) yang tercatat di lebih dari dua parpol.

"Semua partai tercatat ganda, ada yang satu orang terdaftar di lebih dari dua parpol," kata Lili Suryani.

Menurut Lili, jika ada dua parpol yang membuktikan bahwa nama atau NIK tersebut adalah benar anggota parpolnya, maka akan ada tahapan klarifikasi.

Baca juga: Hasil Sementara Verifikasi Administrasi, KPU Malinau Temukan Data BMS Keanggotaan Parpol

Di tahapan klarifikasi inilah nantinya akan ditentukan apakah parpol tersebut memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS) dalam tahapan verifikasi administrasi.

"Kalau ada yang terdaftar di dua parpol dan dua parpol itu membuktikan nama yang sama maka nanti akan ada tahapan klarifikasi," ujarnya.

Menurutnya, tiap parpol telah mengetahui data ganda eksternal, sebab tiap parpol juga memiliki akses di sistem Sipol, namun dirinya memahami akses tersebut terbatas berdasarkan kebijakan di masing-masing parpol.

Baca juga: Sosialisasikan Petunjuk Teknis Terbaru Soal Ganda Eksternal, KPU Bulungan Undang Pimpinan Parpol

"Sebenarnya mereka bisa membaca kegandaan ini, tapi memang ini berbeda tiap parpol, karena ada yang bisa akses Sipol hanya yang ada di DPP, atau ada juga aksesnya bisa diberikan ke yang di DPW," ungkapnya.

Atas catatan ganda eksternal ini, pihak KPU Bulungan meminta parpol segera membuat surat keterangan pembuktian, bahwa anggota tersebut adalah benar bagian dari kepengurusan parpolnya.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved