Berita Tarakan Terkini

Imigrasi Catat 340 WNA Ada di Kaltara, Hanya Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Pintu Resmi Keluar Masuk

Imigrasi catat 340 orang asing stay di Tarakan dan Kaltara, sebut satusSatunya pintu resmi keluar masuk ada di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Andi Mario, Kepala Kantor Imigrasi TPI Kelas II Tarakan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Kegiatan pengawasan orang asing, Kantor Imigrasi TPI Kelas II Tarakan sudah membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) dan sudah berjalan setiap tahun.
Timpora sendiri masing-masing sudah ada dibentuk di kabupaten dan kota di Provinsi Kaltara termasuk di Tarakan.

Andi Mario, Kepala Kantor Imigrasi TPI Kelas II Tarakan membenarkan saat ini, tim selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah, stakeholders lain dan lintas sektor sesuai fungsi untuk mengawasi keberadaan orang asing di Tarakan.

Dari sisi Imigrasi dikatakan Andi Mario, tupoksinya mengawasi dari sisi izin tinggal keimigrasian dan kegiatan-kegiatan lain dilaskanakan warga negara asing di Tarakan.

Dari sisi keamanan dan ketertiban serta dari sisi tenaga kerja sudah ada masing-masing tupoksi melakukan penanganan dan pengawasan.

Baca juga: Oknum Guru Honorer di Tarakan Rudapaksa Siswinya, Dilakukan saat Jam Pulang Sekolah

“Kami di sini bersinergi mengawasi supaya orang asing ini betul-betul membawa manfaat untuk Tarakan dan Kaltara. Jangan sampai ada orang asing masuk tidak membawa manfaat malah hanya sesuai merugikan. Itu yang kami tingkatkan dan menjadi atensi meminimalisir orang asing melakukan tindakan merugikan,” bebernya.

Ia melanjutkan, saat ini kantor Imigrasi ada di Tarakan dan Nunukan. Dan masing-masing ada data sendiri berapa jumlah orang asing yang bertempat tinggal di Kaltara.

“Untuk Tarakan, terdata 340 orang asing. Itu data terakhir dan sudah meliputi juga KTT, Bulungan, Malinau,” ujarnya.

Dari 340 orang WNA yang terdata, terdiri dari tenaga kerja asing (TKA) dan WNA.

Baca juga: Mediasi Sempat Alot, Tiga Pelaku Usaha Cold Storage di Tarakan Sepakat Naikkan Harga Udang

“Jadi tidak semua TKA. Ada yang karena tinggal karena ada keluarga, ada yang dia sponsor istri atau suami ada yang lansia, jadi tidak semua TKA. Totalnya ada sekitar 240-an orang,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pintu masuk yang resmi bagi orang asing ada di Pelabuhan Pos Lintas Batas Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan.

“Selebihnya belum ada lagi wilayah lain yang buka pintu masuk keluar bagi orang asing,” pungkasnya. (*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved