Pilpres 2024

Survei Terbaru Jelang Pilpres 2024 Versi CSIS, Ganjar Pranowo Memimpin, Prabowo dan Anies Membayangi

Hasil survei CSIS menempatkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Editor: Amiruddin
Kolase TribunKaltara.com / Tribunnews
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Hasil survei CSIS menempatkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. (Kolase TribunKaltara.com / Tribunnews) 

TRIBUNKALTARA.COM - Hasil survei Centre for Strategic and International Studies ( CSIS ) menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai pemilik elektabilitas tertinggi dalam bursa calon presiden jelang Pilpres 2024

Elektabilitas Ganjar Pranowo menurut survei CSIS mengungguli figur lainnya

Kali ini, elektabilitas Ganjar Pranowo kalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan

Selain jabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga merupakan politisi PDI Perjuangan

Sedangkan Prabowo Subianto merupakan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI

Sedangkan Anies Baswedan merupakan Gubernur DKI Jakarta saat ini

Nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan memang merupakan tiga figur yang kerap merajai survei elektabilitas dari beberapa lembaga survei

Diketahui, survei terbaru CSIS yang menyatakan elektabilitas Ganjar Pranowo unggul atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, menyasar responden berusia 17-39 tahun yang merupakan generasi Z dan generasi milenial.

Meski Pilpres 2024 baru akan dihelat pada 14 Februari 2024 sejumlah lembaga survei memang telah merilis hasil surveinya

Melansir Tribunnews.com, hasil survei CSIS menempatkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Hasil survei CSIS menempatkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Hasil survei CSIS menempatkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. (Kolase TribunKaltara.com / Kompas.com, Tribun Jateng, dan Tribun Jabar)

Baca juga: Ganjar Pranowo Rajai Survei Versi Parameter Politik, Bagaimana dengan Prabowo dan Anies Baswedan?

Ganjar Mengantongi elektabilitas 33,3 persen, disusul Anies Baswedan 27,5 persen, dan Prabowo Subianto 25,7 persen.

Menurut CSIS dalam peta politik saat ini, tiga nama tersebut yang paling mungkin secara politik dan elektoral untuk dicalonkan.

“Memang peta masih mungkin berubah, tapi memang ini kondisi peluang yang mungkin, baik secara politik maupun hitung-hitungan antar partai dan juga secara elektora,” ujar Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes di Auditorium CSIS, Jakarta Pusat, Senin (26/9/2022).

Elektabilitas Ganjar pun menempati posisi puncak dalam simulasi 7 nama dengan tambahan sejumlah tokoh, yakni Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved