Berita Daerah Terkini

Tinjau Bakal Lokasi Bandara VVIP IKN dan Pelabuhan Punggur, Menhub Budi Karya: Bernuansa Tradisional

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau lokasi bakal dermaga Pelabuhan Punggur dan bandara VVIP, pada Jumat (20/1/2023).

TRIBUNKALTARA.COM / DWI ARDIANTO
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau lokasi bakal dermaga dan bandara VVIP, Jumat (20/1/2023). 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN - Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meninjau lokasi bakal dermaga dan bandara VVIP, Jumat (20/1/2023).

Dalam kunjungan ini, dirinya didampingi Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho dan arsitek ternama Andra Martin.

Untuk lokasi bakal dermaga yang ditinjau, ada 3 titik yang disambangi. Namun dengan berbagai pertimbangan, Menhub Budi Karya Sumadi memutuskan Pelabuhan Punggur.

"Kita memiliki 3 alternatif namun kita sudah menentukan. Namanya Punggur. Dia berada 9 kilometer dari titik nol," ucap Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Kaltara Diproyeksikan Jadi Kekuatan Ekonomi Baru Kalimantan 2037: Sumber Energi untuk IKN Nusantara

Menurutnya, jika nanti dibangun dermaga dengan bangunan tradisional dan pemandangan sungai itu menjadi titik penting dan impresif.

Dia melanjutkan, dermaga tersebut nantinya direncakan tidak berdiri sendiri. Melainkan juga dilengkapi kapal wisata untuk sekadar makan siang ataupun makan malam.

"Karena dari Balikpapan kesini tidak lebih dari satu jam. Sehingga sampai titik itu bisa 2 jam atau ke IKN ini juga bisa dimanfaatkan," ungkapnya.

Kemudian terkait bandara VVIP, Budi menyebut untuk titiknya belum ditentukan. Dimana menurutnya masih ada beberapa titik alternatif mengingat bandaranya juga menjadi bandara TNI AU.

Dengan berbekal hasil tinjauan, nantinya akan dibawa sebagai pembahasan bersama Kepala Staff Angkatan Udara, Kementerian PUPR, dan otoritas terkait lainnya.

Baca juga: Polres PPU Ungkap Ada Pencurian di IKN, Sebut Banyak Pintu Masuk dan Minta Pembatasan Pengunjung

"Semoga kita bisa mengusulkan satu titik. Jadi kalau tadi pelabuhan sudah ditentukan, bandara kita juga tentukan nanti," tukas Budi.

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved