Pilkada Nunukan

Logistik Pilkada 5 Kecamatan Asal Krayan Belum Tiba, Ketua KPU Nunukan Rahman Beber Penyebabnya

Logistik Pilkada dari 5 kecamatan asal Krayan belum tiba, Ketua KPU Nunukan Rahman beber penyebabnya.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Amiruddin
Kolase TribunKaltara.com
ILUSTRASI - Pilkada Nunukan 2020 (Kolase TribunKaltara.com) 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Pergeseran logistik dari beberapa kecamatan di Kabupaten Nunukan menuju kantor Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Nunukan sudah dilakukan beberapa hari lalu.

Namun saat ini, dari 21 kecamatan baru 16 yang sudah berada di kantor KPU Nunukan .

Sementara itu, untuk 5 kecamatan lainnya direncanakan sore nanti akan tiba di Nunukan .

"Tersisa 5 kecamatan dari Krayan direncanakan sore ini akan tiba di KPU Nunukan melalui bandar udara dari Long Bawan ke bandar udara Nunukan ," kata Ketua KPU Nunukan , Rahman kepada TribunKaltara.com, Senin (14/12/2020), pukul 11.30 Wita.

Diketahui, ada 5 kecamatan yang tersebar di Krayan yakni Krayan Induk, Krayan Barat, Krayan Timur, Krayan Tengah, dan Krayan Selatan.

Baca juga: KRONOLOGI Pengawas TPS di Nunukan Meninggal Akibat Kecelakaan, Bawaslu RI Beri Perhatian Khusus

Baca juga: Fakta-fakta Pemungutan Suara Ulang Pasca Pilkada Serentak, Termasuk Satu TPS di Nunukan Kaltara

Baca juga: Kronologi Tentara Malaysia Tangkap 2 WNI dari Nunukan Kalimantan Utara, Bawa Perahu Bermuatan Barang

Menurut Rahman, keterlambatan pergeseran logistik dari 5 kecamatan di Krayan, lantaran transportasi yang digunakan hanya melalui pesawat udara.

"Moda transportasinya yang berbeda. Di satu sisi kita jadwalkan di Krayan harus menyesuaikan waktu rapat pleno, sementara kecamatan lainnya didampingi aparat keamanan menggunakan transportasi laut dan darat, sehingga lebih mudah digeser," ucap Rahman .

Dia mengaku, untuk Krayan baru 20 dari 190 kotak yang akan dibawah hari ini, utamanya hasil rapat pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) masing-masing kecamatan di Krayan .

"Karena kita menggunakan pesawat carter jadi diperkirakan pukul 15.00 Wita sudah berangkat dari sana. Sekira pukul 16.00 Wita, logistik akan tiba di kantor KPU Nunukan ," tuturnya.

Dia jelaskan, pihaknya sudah menjadwalkan rapat pleno terbuka tingkat kabupaten, yang akan digelar besok pagi di Kantor KPU Nunukan.

"Besok rapat pleno di kantor KPU, mulai pukul 09.00 Wita. Karena ini rapat penting, saya sudah koordinasi kepada Kapolres, Kabag Intel, dan Kabag Ops untuk pengamanan besok. Ini rapat pleno terbuka, sehingga jadi atensi semua pihak," ujar Rahman .

Baca juga: Bawaslu Temukan Dugaan Pelanggaran, Pemungutan Suara Ulang Dilakukan Pada Satu TPS di Nunukan Besok

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat Signifikan Pasca Pilkada Serentak, Begini Reaksi Ketua KPU Nunukan Rahman

Baca juga: Pilkada Nunukan, Diduga Hilangkan Hak Pilih Warga, Bawaslu Lakukan Kajian Hukum

Dalam rapat pleno terbuka itu, turut diundang PPK dari 21 kecamatan, Bawaslu Nunukan, dan saksi dari masing-masing pasangan calon (Paslon) pemilihan bupati Nunukan (Pilbup) maupun pemilihan gubernur ( Pilgub ) Kaltara.

Satu Paslon hanya mengutus empat orang saksi, namun untuk masuk ke dalam ruangan hanya diperbolehkan dua orang secara bergantian.

"Besok itu hari yang ditunggu-tunggu masyarakat Kabupaten Nunukan. Ini tahapan KPU untuk melihat hasil perolehan suara di 541 TPS , siapa bupati terpilih di periode 2021-2024. Sehingga meskipun terbuka, tetap ada protokol yang harus dipatuhi besok termasuk protokol kesehatan Covid-19 ," ungkap Rahman.

(*)

(TribunKaltara.com/ felis)

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved