Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Tiga Rute Penerbangan di Bandara Juwata Tarakan Dibatalkan, Adanya Aturan Penumpang Wajib Swab PCR

Penerapan aturan kewajiban penumpang menunjukkan swab PCR dan bukti keterangan sudah menjalani vaksinasi berdampak pada pembatalan penerbangan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Aktivitas di Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan, Senin (5/7/2021) yang lengang tak ada penumpang akibat pembatalan penerbangan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Penerapan aturan kewajiban penumpang menunjukkan swab PCR dan bukti keterangan sudah menjalani vaksinasi berdampak pada pembatalan sejumlah penerbangan dari Tarakan tujuan ke Jawa-Bali dan sebaliknya.

Ini dibeberkan Kepala Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan, Agus Priyanto kepada awak media, Senin (5/7/2021).

Dikatakan Agus, Dirjen Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 45 Tahun 2021 tentang Petunjuk Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Selama Pandemi Covid-19.

Baca juga: Pelaku Perjalanan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Wajib Swab PCR Negatif, Berikut Aturannya

SE yang dirilis 2 Juli 2021 lalu siap ditindaklanjuti pihak Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan.

Dikatakan Agus, saat ini di Pulau Jawa dan Bali, penumpang bisa masuk dan keluar jika menunjukkan hasil swab PCR negatif serta surat keterangan sudah menjalani vaksinasi yang dibuktikan dengan menunjukkan kartu vaksinasi.

Baca juga: Satgas Covid-19 Kaltara Belum Wajibkan Test PCR Untuk Syarat Perjalanan, Hanya Tes Swab Antigen

"Dalam SE Dirjen Kemenhub, yang dipersyaratkan untuk penerbangan di luar Pulau Jawa dan Bali menggunakan antigen yang berlaku sehari dan hasil PCR yang berlaku hanya dua hari. Kalau menuju Jawa dan Bali ditambahkan vaksinasi. Kartu vaksin yang pertama bisa digunakan untuk terbang," urainya.

Lebih lanjut dikatakan Agus, karena kebijakan ini cukup berperangaruh terhadap jumlah penumpang. Khususnya penerbangan tujuan Jawa dan Bali.

Ratusan WNI antre mengikuti swab PCR di ruang tunggu Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Jumat (30/04/2021), sore.
TRIBUNKALTARA.COM/ Febrianus felis.
Ratusan WNI antre mengikuti swab PCR di ruang tunggu Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Jumat (30/04/2021), sore. TRIBUNKALTARA.COM/ Febrianus felis. (TRIBUNKALTARA.COM/FELIS)

"Mulai hari ini cancel flight. Ada tiga penerbangan yang mau ke Jawa dan Bali. Mungkin besok kalau ada tujuan Jakarta, harus pakai syarat vaksinasi. Termasuk syarat PCR untuk mereka yang tujuan destinasi ke Jawa dan Bali," jelasnya.

Ia juga tak bisa memastikan sampai kapan pembatalan penerbangan diberlakukan.

Baca juga: Tunggu Hasil Tes Buat Pasien Stres, Ketua Satgas Covid-19 Malinau Minta Mesin PCR Segera Difungsikan

"Saya tidak tahu sampai kapan tapi kita mulainya hari ini. Untuk yang datang ke Tarakan hari ini kita tidak terapkan karena kita hanya menerima," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved