Berita Malinau Terkini

Ini Tiga Jenis Pelanggaran yang Terjaring di Operasi Zebra Kayan 2021, Diberi Teguran hingga Tilang

Memasuki hari ke 4, tiga bentuk pelanggaran lalu lintas kerap ditemukan petugas selama pelaksanaan Operasi  Zebra Kayan 2021 di Malinau.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Polisi memberikan teguran kepada pengguna jalan yang terjaring Ops Zebra Kayan 2021 di Pertigaan Jalan Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (18/11/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Memasuki hari ke 4, tiga bentuk pelanggaran lalu lintas kerap ditemukan petugas selama pelaksanaan Operasi  Zebra Kayan 2021 di Malinau.

Berdasarkan data Sat Lantas Polres Malinau, ada sejumlah jenis pelanggaran yang kerap terjaring operasi tersebut selama 4 hari pelaksanaannya.

Diantaranya, tidak mengenakan helm, pengendara roda dua yang belum cukup umur dan modifikasi kendaraan tidak sesuai standar. Termasuk banyak yang tidak mengenakan masker.

Baca juga: Mobil Plat Merah di Nunukan Terjaring Operasi Zebra Kayan 2021, Polisi Periksa dan Ternyata ini

Pantauan TribunKaltara.com, Petugas melaksanakan operasi tersebut berpindah-pindah di sejumlah lokasi padat lalu lintas dan titik keramaian.

Seperti di Pertigaan Jalan Desa Malinau Hulu, Perempatan Malinau Kota dan wilayah Pusat Pemerintahan Malinau Kota.

Baca juga: Hari Ketiga Operasi Zebra Kayan 2021, Polisi di Nunukan Masih Temukan Pengendara Kantongi STNK Mati

Kapolres Malinau, AKBP Reza Pahlevi mengatakan diawal masa pelaksanaan Ops tersebut bersifat persuasif, mengeluarkan sanksi teguran dan peringatan.

"Tidak pakai helm, lawan arus, ini paling sering kita temukan. Di awal kita banyak sosialisasi dulu, edukasi. Sementara sifatnya diutamakan persuasif," ujarnya, Kamis (18/11/2021).

Polisi memberikan teguran kepada pengguna jalan yang terjaring Ops Zebra Kayan 2021 di Pertigaan Jalan Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (18/11/2021)
Polisi memberikan teguran kepada pengguna jalan yang terjaring Ops Zebra Kayan 2021 di Pertigaan Jalan Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (18/11/2021) (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Namun, Reza Pahlevi mengatakan pihaknya juga tidak mengakomodir jenis pelanggaran yang berulang. Termasuk jenis pelanggaran yang membahayakan pengguna jalan yang lain.

Petugas akan mengeluarkan sanksi Tilang bagi jenis pelanggaran yang dapat membahayakan nyawa pengguna jalan.

Baca juga: Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona Sebut Operasi Zebra Prakondisi Jelang Natal dan Tahun Baru

"Kalau sudah diberi teguran berkali-kali masih sama, kita Tilang. Begitu juga pengendara yang ugal-ugalan, balap liar, karena membahayakan nyawa orang lain, sanksi harus tegas," katanya.

Operasi Zebra Kayan 2021 Malinau dilaksanakan selama 2 pekan. Mulai 15 November hingga 28 November Mendatang.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved