Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Vaksinasi Covid-19 Dosis 1 Bulungan Lampaui Target, Dinkes Bulungan Sebut Desember Bisa 80 Persen

Vaksinasi Covid-19 dosis 1 Bulungan lampaui target, Dinkes Bulungan sebut Desember bisa 80 persen.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kepala Dinas Kesehatan Bulungan Imam Sudjono saat membawakan materi di Hari Kesehatan Nasional dalam ruang pos Dinkes Bulungan (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Vaksinasi Covid-19 dosis 1 Bulungan lampaui target, Dinkes Bulungan sebut Desember bisa 80 persen.

Akselerasi percepatan suntik vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di Bulungan terus meningkat, yang dilakukan oleh tenaga medis dari Dinas Kesehatan Bulungan.

Kepala Dinkes Bulungan, Imam Sudjono, saat ini capaian vaksinasi Covid-19 dosis satu di Bulungan sudah mencapai 71,58 persen dan diharapkan, hingga akhir tahun ini sudah bisa mencapai 80 persen.

Baca juga: Pakai Dana APBN dan APBD 2021, Dinkes Bulungan Beri Ambulance untuk Puskesmas Desa Pimping & Antutan

“Iya, namanya kejar target masyarakat dapat suntik vaksin covid-19 bisa atau tidak bisa harus bisa, Kalau ragu jangan membuat target, ini buat kesehatan kita juga," kata Imam Sudjono Jumat (26/11/2021).

Untuk mencapai target, Dinkes Bulungan dan puskesmas membuka pos pelayanan vaksinasi dan pelaksanaannya pihaknya mengaku tidak menetapkan target.

“Tolong sampaikan kepada kerabat-saudara-saudara kita, edukasikan bahwa vaksin halal, dan setiap hari kita membuka pos pelayanan vaksinasi di Dinas Kesehatan dan puskesmas," ungkapnya.

Imam Sudjono mengakui meskipun capaian vaksinasi Covid-19 dosis satu sudah mencapai target nasional, namun, untuk capaian dosis dua dan tiga masih di bawah 50 persen pihaknya ingin masyarakat segera pantau info terbaru vaksinasi.

“Sekarang ini capaian dosis dua sebesar 48,47 persen, kalau dosis tiga sebesar 0,92 persen karena untuk tenaga kesehatan,” ucapnya.

Terkait masih rendahnya capaian dosis dua dan tiga, Imam menjelaskan sebenarnya bukan karena ada terlambat data di input ke Kemenkes RI, tapi waktu vaksin yang belum boleh memungkinkan untuk penerima vaksin disuntik dosis 2.

Baca juga: Dua Puskesmas di Bulungan Raih Peringkat 2 dan 3 IKS Nasional 2021, Puskesmas Desa Long Bang & Bunyu

“Jarak antar dosis satu dan dua ini kan ada rentan waktu tunggu 28 hari, jadi kalau hari ini sudah suntik vaksin dosis 1, besok minta suntik dosis 2 mana bisa,” ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved